Apa bagusnya Huawei Nova 3i?

 

Smartphone Semi Flagship Besutan Huawei (Sumber: Huawei.com)

Huawei Nova 3i layak disematkan sebagai smartphone impian di tahun 2018. Punya desain elegan dua warna, 4 buah kamera, memori internal besar, dan tentu saja harga yang terjangkau di kantong kebanyakan kaum milenial.

Salah satu hal yang menyenangkan dari menjadi seorang blogger itu adalah kita seringkali diajak buat ngeliput launching produk terbaru dari suatu brand. Pastinya bukan Cuma duduk diam mendengarkan pihak perusahaan cuap-cuap ngejelasin soal produk terbaru tersebut, tapi juga diajak menjajal mencoba performa produk yang mau dilaunching itu.

Ini enaknya jadi seorang Blogger, menjadi salah sedikit orang yang pertama merasakan sensasi menggunakan produk baru. Kadang dikasih, kebanyakan sih cuma dikasih pinjem saja buat nyoba.

Tapi saya ini baperan, suka kepincut ingin punya produk yang sudah dicoba tersebut. Iya kalau punya duit, kalau nggak? Bawaannya suka kebawa mimpi berhari-hari. Hehehe…

Biarpun begitu, saya cukup realistis dengan isi rekening saya. Kalau emang harganya gak kejangkau, saya coba cari produk dari brand lain dengan spesifikasi yang sama.

Bulan Juli kemarin, saya diajak sama Kaskus untuk meliput launching produk flagship salah satu merk smartphone dari negeri tirai bambu di salah satu hotel di kota Bandung. Ya sudah, karena  penasaran dan brandnya lagi happening banget, saya iya kan untuk ikutan hadir. Kebetulan saya memang perlu ganti hape baru. Lagi pula selain menjajal kehandalan produk flagshipnya, saya bisa makan enak gratis ala hotel bintang lima. Hahay!

Jadilah, Sabtu sore,  13 Juli 2018, saya sudah berada diantara puluhan blogger, vlogger dan teman-teman wartawan untuk meliput launching produk smartphone terbaru itu. Yang saya ingat, waktu itu kami dikelompokkan dalam beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 4 orang. Masing-masing kelompok kemudian diberi satu buah sampel produk yang dirilis tersebut.

Ketika pertama kali disodori sampel smartphone tersebut untuk dijajal keunggulannya, saya hanya bisa tercengang. Kesan pertama saya sudah tergoda dengan  warna casingnya yang seperti memiliki dua warna gradasi. Antara biru dan ungu gituh. Warnanya akan berubah antara kedua warna tersebut tergantung efek pencahayaannya. Ukurannya yang memiliki layar sekitar 6 inchi membuat smartphone tersebut sangat pas digenggam.

Penampakan Smartphone Flagship Seharga 11 jutaan (Sumber: dokpri)

 

Saya kembali terkagum-kagum ketika mencoba kualitas kameranya. Yaa, jaman sekarang mah smartphone itu yang penting itu kualitas kameranya. Dan setelah saya coba, hasil jepretannya memang oke banget. Jernih dan terang meskipun dalam pencahayaan yang redup.

Saya dibisiki sama staf marketingnya kalau smartphone flagship terkini itu dibekali 4 kamera sekaligus. Dua di depan dan dua dibekalang. Kamera belakng dibekali sensor 16 megapixel (MP) dan 2 MP, sementara kamera depan pertama berkualitas 23 MP dan kamera kedua punya sensor 2 MP.  Dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) didalamnya, membuat kamera smartphone ini seperti tahu apa mau kita untuk hasil jepretannya.

Yang jelas yang namanya flagship, produk tersebut membawa teknologi smartphone terkini. Setidaknya saya mencatat ada beberapa kelebihan dari smartphone flagship yang dilaunching tersebut, kamera yang punya empat lensa dan teknologi AI didalamnya, media penyimpanan yang super gede, dan yang paling bikin kesengsem adalah warnanya yang seperti bunglon. Kadang biru kadang merah. Campuran-campuran gitu laah.

Penyakit saya kambuh, saya kesengsem ingin memboyong hape tersebut. Bukan apa-apa, kita cuma dipinjemin buat nyoba hape tersebut selama acara berlangsung saja. Huaaaaa…

Awalnya, saya sudah berjanji untuk segera melakukan pre-order hape flagship itu segera setelah balik dari acara launching tersebut. Sayangnya, saya segera membatalkan niat tersebut begitu salah satu blogger bertanya berapa harga jualnya, dan si manager brand langsung jawab tegas, “sebelas jutaan!”

Saya langsung lemas, …diam-diam saya buka mbaking buat ngintip saldo rekening saya. Cuma 5 juta, dan saya langsung mengubur dalam-dalam keinginan buat membeli smartphone tersebut.

Buat saya, harga sebelas juta terlalu mahal untuk ukuran sebuah smartphone,… harga realistis saya yaa ada di range 4-5 jutaan saja, yaaa keitung smartphone kelas menangah laah.

Tapi karena ngebet, saya sudah nulis, pokoknya smartphone impian saya di tahun 2018 ini tuh harus punya desain dan warna yang keren,kamera yang punya 4 kamera dengan teknologi AI didalamnya, punya memori penyimpanan super lega, dan ditanam GPU turbo biar bisa nge-game asyik. Ini adalah smartphone impian

Pertanyaannya, adakah smartphone middle class dengan spesifikasi seperti diatas?

===

Untungnya sekarang mah kita hidup dijaman yang serba kompetitif. Tak ada produk yang tak punya kembaran spek. Gampangnya lagi, kita bisa menemukannya di internet secepat ketikan jari tangan.

Saya coba googling. Saya ketik “smartphone 4 jutaan dual warna”, begitu klik enter maka google langsung menyodorkan beragam artikel soal pilihan smartphone untuk kategori tersebut. Ada beberapa pilihan diberikan.

Dari kesemuanya, saya tertarik dengan Huawei Nova 3i. Kenapa? Karena istri saya sudah memakai smartphone merk ini, tepatnya type P8 Lite sekitar 4 tahunan dan fine fine aja tuh.

<!–Begin ClixTrac.com Banner Code –>

”Urbandigital”

<!–End ClixTrac.com Banner Code –>

Sesimpel itu? Setidaknya karena ada pengalaman istri menggunakan merk tersebut, saya jadi tahu kualitas smartphone Huawei. Iya, Huawei itu jenis smartphone yang tangguh, kualitasnya oke, kamera phonenya kinclong tapi harganya kompetitif. So, tak ada keraguan sedikit pun bagi saya buat milih brand Huawei.  Apalagi setelah menengok kisaran harga jualnya yang dibandrol 4,2 jutaan. Pas dikantong bro…

Desainnya Catchy di mata (Sumber: urbandigital.id)

Nah, setelah saya meyakinkan hati buat milih smartphone Huawei Nova 3i ini, saya coba menelusuri lebih detail, nih smartphone punya apa sih? Dan ternyata smartphone ini rasa-rasanya gak beda jauh spesifikasinya dengan smartphone flagship dari brand tetangganya yang pernah saya coba dan bikin saya ngiler itu. Intinya, kalau bisa dapet harga lebih murah, ngapain pilih yang mahal?

So, apa bagusnya sih Nova 3i ini sehingga smartphone ini worthed banget buat dimiliki? Sebelum saya kasih alasan kenapa Huawei Nova 3i ini sangat layak buat dimiliki, kalian bisa lihat spesifikasi smartphone besutan Huawei teranyar ini.

Spesifikasi Detail Nova 3i (Sumber: Huawei.com)

Nah, ini catatan-catatan saya soal kelebihan dari Huawei Nova 3i ini.

Desain Mewah Naikin Pede Kamu

Pertama kali melihat tampilan fisik Huawei Nova 3i ini saya langsung loncat kegirangan. Bukan apa-apa, tampilannya sangat mirip dengan smartphone flagship besutan brand tetangga yang saya ceritain diatas. Dengan harga yang sangat realistis, jelas Huawei Nova 3i ini sangat pas dikocek saya.

Dengan balutan dua warna yang dicampur secara gradasi, smartphone ini terlita sangat elegan. Apalagi campuran warnanya sangat catchy dimata, biru dan violet,… atau dalam istilah Huawei diberi nama irish purple. Dari bagian atas, Nova 3i punya warna biru yang kemudian semakin kebawah warnanya makin berwarna biru gelap sampai berbaur dengan warna ungu hingga bagian bawah berubah jadi warna full ungu. Keren kan? Siapa yang gak bakal kepincut coba?

Siapa yang gak kepincut sama warna irish purple nova 3i? (Sumber: urbandigital.id)

Kalau kalian sukanya warna kalem, Huawei Nova 3i juga tersedia dalam pilihan warna hitam kok. Jadi, up to you sih,…cuma kalau saya sih suka yang irish purple itu.

Nova 3i juga tersedia dalam warna hitam (Sumber: urbandigital.id)

Ditambah dengan polesan material kaca untuk seluruh bodinya, kesan mewah dari hape ini semakin kental. Saya sih membayangkan kalau hape ini dibawa saat meeting dengan bos atau klien, saya yakin bakalan nambah pede kita. Coba siapa yang gak pede saat kita ngomong terus kita geletakin tuh Nova 3i di meja, dan klien kita ngelirik sirik? Beuhhh…. Yakinlah derajat pede kita naik beberapa angka! Hehehe..

Huawei Nova 3i, Nyaman Digenggam, Layar Full Display, Ada Notch (Sumber: gontagantihape.com)

Ukuran smartphone ini punya dimensi 6.3 Inchi dengan sudut-sudut membulat sehingga bakalan terasa pas buat ditangan.  Layarnya punya rasio 19,5 : 9 yang membuat tampilan mukanya full display. Layar gede gituh. Buat saya ukuran segini sangat nyaman buat dipakai, jauh dari kesan norak gituh.

Btw, layarnya sudah ada notch gituh dibagian atas. Gak penting-penting amat sih, tapi trend smartphone flagship kekinian tuh emang pada punya notch gituh. See,…dijamin bikin kita makin pede pokoknya mah!

Puas-Puasin Selfie, Bikin Sosmedmu Banjir Follower dan Endoser

Nova 3i punya 4 buah kamera didalamnya, sehingga menjamin kualitas gambar yang tajam. Yap, kamera depannya ditanamkan sensor kamera 16 megapixel dengan aperture f/2.2, ditambah kamera kedua dengan kemampuan 2 megapizel buat menajamkan efek hasil jempretannya. Kalau kamera depan sudah punya kamera 24 megapixel plus kamera kedua 2 megapixel.

Dengan kamera depan lebih gede dibanding kamera belakang, jelas hape ini bisa jadi andalan buat para maniak selfie. Biar pun begitu, rasanya dengan double kamera dibelakang, kualitas kamera belakangnya juga tetap oke kok.

Jagonya Selfie itu Huawei Nova 3i (Sumber: urbandigital.id)

Kamera Nova 3i ini punya teknologi AI (Arificial Intelligence) yang ngerti banget soal objek yang akan difotonya. Teknologi ini membantu kita untuk mendapatkan hasil gambar yang pas. Jadi gak usah setting-setting lagi tentunya. Ini sangat pas buat saya yang males ngatur setingan kamera sebelum memotret.

Misalkan kita mau moto struk belanja, secara otomatis kamera akan masuk ke mode teks atau dokumen scan. Misalkan lagi, kita mau moto bunga, AI akan mengarahkan kamera ke mode flower. Yang pasti jadi hasilnya lebih tajam gituh apapun objeknya.

Tapi kalau pun gak suka AI ini bisa dimatikan juga. Pilihan tetap ditangan user yaa…

Kamera Huawei Nova 3i Dilengkapi Teknologi AI Dengan 22 Mode Object (Sumber: huawei.com)

Oh ya, di smartphone flagship yang saya jajal sebelumnya ada mode emoji buat lucu-lucuan dengan hasil foto kita. Apakah nova 3i ini punya juga? Iya dong,… intinya kamera Nova 3i ini sekelas smartphone flagship yang harganya selangit itu…

Kesimpulannya, buat saya dan juga kamu yang sering update foto buat status medsos, yakinlah foto-foto kita bakalan lebih kinclong. Kalau sudah begitu, akun sosmed kita bakalan makin berkelas karena punya update-an status yang oke banget fotonya. Well, siapa tau bakalan nyedot banyak follower terus menarik orang buat mengendose kita. Asyik kan?

Teman Asyik Main Games

Smartphone ini dibekali RAM 4GB dengan memori internal yang super gede, 128 GB. Haa, gak salah tuh? Dengan memori internal 128 GB kamu bisa ngapain aja?

Well, kalau saya sih mending download games sebanyak-banyaknya. Lagian Nova 3i ini juga dibenamkan GPU Turbo yang punya teknologi memproses  gambar grafis secara cepat. Katanya ini bisa bikin kita makin anteng main games. Gak ada istilah nge-lag gituh.

Smartphone yang nyaman diajak main games (sumber: youtube channel gontagantihape.com)

Sebagai recap, dengan fitur dan spesifikasi yang sangat ‘flagship’ tersebut tapi punya hanya setengah dari smartphone flagship yang banyak beredar, jelas saja saya bakal milih Huawei Nova 3i sebagia smartphone impian tahun 2018 ini.

Harus beli pokoknya mah!

 

2 Comments

  1. taufiq October 2, 2018 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *