Berburu Spot Instagramable di Bandung

Categories Mendadak Traveling

Bandung seperti punya mantra ajaib yang selalu mampu menyihir orang untuk datang dan balik lagi ke kota ini. Kini, di era posting foto di media sosial itu penting, mencari spot yang instagramable di kota ini bisa menjadi alasan untuk kembali menelusuri sudut-sudut wilayah kota ini.

Bicara soal destinasi liburan, rasanya tak salah kalau menyebut Bandung sebagai salah satu kota yang wajib dikunjungi. Soalnya kota ini punya paket komplit buat jalan-jalan. Sebut saja, Kota berjuluk paris van java ini punya banyak taman keren buat sekedar bersantai, factory outlet yang menjadi referensi buat nyari baju branded tapi murah, juga tentu saja spot kulinernya yang tersebar diseluruh penjuru kota. Soal akomodasi, jangan ditanya! Hotel di Bandung tuh ada ratusan dengan rate yang bervariasi dan tentunya bisa menyesuaikan dengan budget yang kita punya. Kurang apa lagi coba?

Saya sendiri yang tinggal di kota tetangga Bandung, tak pernah bosan untuk balik dan balik lagi ke kota ini. Bandung seperti punya daya magis yang selalu menyihir saya untuk menghabiskan weekend di kota ini. Biarpun mungkin sudah ratusan kali melancong ke Bandung, selalu saja terasa masih kurang. Ini karena hampir setiap bulan selalu ada destinasi wisata baru yang nge-hits di kota ini.

Dan kini saya lagi kesengsem untuk mengekspor tempat-tempat yang instagramable banget di kota ini. Iya, disadari atau tidak banyak spot yang sangat cantik buat dijepret kamera di sana. Di linimasa Instagram banyak bertebaran foto keren hasil jepretan warga yang dishare dengan hashtag #ExploreBandung. Paling gampang tengok saja akun @explorebandung yang mengakurasi ribuan foto dengan hashtag tersebut untuk diregram di akun mereka. Adanya kurasi ini membuat foto-foto yang ditampilkan di akun ini benar-benar yang cantik.

Sebagai makhluk sosial yang aktif di beragam media sosial terkini seperti instagram, facebook dan twitter, jelas saja saya tergoda dengan postingan cantik dari akun @explorebandung tersebut.

Kadang dari #ExploreBandung itu saya menemukan hal-hal yang mengejutkan yang tak terpikir sebelumnya. Misal, siapa sangka sudut pertokoan yang kelihatannya biasa-biasa di daerah Banceuy dan Pasar Baru bisa kelihatan cantik? Atau sudut rel Stasiun Kiaracondong bisa begitu ciamik dengan kombinasi permainan cahaya matahari?

rizkikurniaaa
Sudut Pertokoan Banceuy (Sumber: ig @rizkikurniaaa)
azchatobing-pasar-baru
Lorong Pasar Baru (Sumber: Ig @azchatobing)
fauzhy_93
Stasiun Kiaracondong (sumber: ig @fauzhi_93)

Tetiba saya penasaran ingin ke spot-spot tersebut dan mengambil gambar sendiri disana.

Namun, dari sekian banyak postingan dengan hashtag #ExploreBandung tersebut, saya sedang kebelet ingin berkunjung ke beberapa lokasi wisata di daerah pinggiran bandung. Iya, lokasinya memang ada di wilayah kabupaten Bandung dan Bandung Barat, tapi kan masih Bandung-Bandung juga. Yang pasti, ada banyak lokasi wisata baru untuk dikunjungi.

Sedikit catatan nih, buat yang backpakeran atau gak bawa mobil sendiri memang rada-rada susah buat menjangkau destinasi baru tersebut. selain di pelosok, jangkauan angkutan umum pun masih sangat minim menuju kesana. Jadi saran saya sih, kalau gak bawa mobil pribadi, lebih baik rental mobil aja. Lagipula, Sewa Mobil di Bandung itu mudah banget kok, ada banyak jasa rental mobil disana yang bisa kita pilih.

Gara-gara sering ngintip akun @explorebandung ini pula saya pernah memboyong keluarga kecil saya pergi ke Dusun Bambu. Sebuah postingan yang diregram @explorebandung dari @sholmad berhasil menggoda saya untuk berangkat ke lokasi ini. Tempat wisata yang menggabungkan antara wisata alam dan kuliner ini terletak di daerah sekitaran Parompong Cisarua, Lembang. Iconnya selain saung-saung diatas danau, juga ada bird nest, semacam tempat makan romantis serupa sarang burung diatas pohon-pohon pinus. Buat kamu yang lagi pacaran, atau sekedar bulan madu kudu coba makan disini, so sweet pokoknya.

dusun-bambu-sholmad
Salah Satu Sudut Dusun Bambu (SUmber: Ig @sholmad)
img-20170304-wa0005
Akhirnya Saya pun Tergoda Jalan-Jalan ke Dusun Bambu (Sumber: dokpri)
p_20170106_145751
Di Dusun Bambu Ada Juga Arena Bermain Untuk Anak (Sumber: dokpri)

Kalau mau menjelajah lebih jauh, di dekat danau Saguling ada Sanghyang Heuleut. Ini adalah danau kecil yang ada di aliran sungai Citarum Purba. Saya sih belum ke sana, tapi lokasi ini sudah masuk dalam list tempat yang wajib dikunjungi nanti.

sanghyang-heuleut-rizkidarmoh
Sanghyang Heuleut (Sumber: ig @rizkidarmoh)

Sedikit bergeser ke daerah Padalarang, ada Goa Pawon dan Stone Garden yang termasuk situs purbakala. Disini pemandangannya memang batu melulu, tapi dijamin landskap alaminya sangat-sangat instagramable sehingga layak banget buat didatangi.

anisyarma-gua-pawon
Goa Pawon (sumber: @anisyarma)

Yaa, tempat-tempat wisata yang saya sebut diatas hanya sebagian dari beberapa tempat wisata baru yang bermunculan di Bandung dan sekitarnya. Tentu Saja ada banyak destinasi lain yang juga oke untuk dikunjungi. Situ patenggang, kawah putih Ciwidey, Curug Ibun Pelangi adalah sebagian lain yang belum kesebut, dan tentu saja masih banyak yang lainnya. Makanya saya bilang diatas Bandung tuh gak ada habisnya kalau buat pelesir mah. Yaa, sebagai referensi lebih baik buka saja di media sosial untuk mengintip foto-foto keren tempat-tempat wisata yang seru untuk dikunjungi di Bandung. Setelah itu? Gak perlu banyak mikir, ayo ke Bandungggggg….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *