Blog Competition, Infonya Dari Mana?

Ada banyak cara mendulang rezeki lewat ngeblog. Salah satunya adalah dengan mengikuti lomba menulis blog, atau lazim disebut blog competition. Memang sih kelihatannya gak pasti, karena ada unsur kompetisi. Tapi dengan melihat semakin maraknya blog competition tersebut digelar dan hadiahnya yang makin gede, masa sih kamu mau melewatkannnya begitu saja?

Oke, kalau kamu tertarik mau mencoba ikutan nyemplung bertarung di beragam blog competition, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah tahu informasi soal blog competition tersebut. Ya iyalah, dari mana bisa tahu ada lomba kalau kamu gak dapetin tuh informasinya.

Kalau saya, ada beberapa sumber yang biasa jadi tempat mencari informasi soal blog competition tersebut. Cek aja ya…

Dari Mbah Google  

Kalau yang ini mah pasti pada tahu atuh ya. Mesin pencari google itu ibarat kakek segala tahu kalau di serial Wiro Sableng mah. Tanyain aja di google dengan keyword ‘blog competition’ atau ‘lomba menulis blog’ atau keyword sejenis, niscaya dia bakan ngasih tahu segambreng link yang bisa kita intip.

Dari postingan teman

Punya banyak teman yang juga sering mengikuti lomba blog competition bisa jadi sumber referensi kita. Terkadang teman tersebut memposting langsung link informasi blog competition yang sedang berlangsung, atau terkadang dari share artikel mereka yang diikutsertakan dalam lomba blog competition.

Pihak penyelenggara blog competition terkadang memang mensyaratkan peserta lomba untuk juga menyebar info lomba lewat akun sosial media peserta, serta tentu saja menshare artikel lomba mereka. Nah, dari sini kita bisa mengintip info lomba blog yang sedang berlangsung.

Dari Blog Social

Kompasiana, kumparan, storial, dan qureta adalah beberapa blog sosial yang seringkali menggelar blog competition. Saya malah lebih banyak mengikuti lomba blog ini di kompasiana. Selain karena pertama kali ngeblog itu di kompasiana, juga karena blog sosial ini terhitung paling rajin menggelar lomba blog. Dalam sebulan mungkin ada 3 atau 4 lomba yang digelar disana.

Tentu saja untuk bisa ikutan blog competition di blog sosial, kamu harus membuka akun di sana karena menulisnya pun tentu harus di platform mereka.

Dari Teman Blogger dan Blog Spesialis Info Lomba

Nah, yang ini mungkin lebih mudah. Ada banyak blogger yang spesialis ngumpulin info blog competition yang sedang berjalan di bulan ini, maupun dua sampai tiga bulan ke depan. Kita tinggal kunjungi blog mereka, dan intip ada lomba blog competition apa saja.

Saya biasa mendapat informasi blog competition dari blognya masirwin,com. Kumpulan info blog competitionnya terhitung komplit. Dari blog tersebut, kita akan diarahkan ke link sumber yang mengadakan kegiatan lomba blog competition tersebut.

Selain blog personal, ada juga website atau blog yang spesialis menyajikan info blog competition ini. Mereka secara rutin mengkurasi beragam lomba blog competition dan menyajikannya untuk kita. saya sering mengintip info blog competition di website infosayembara.com atau info-lomba.com.

Tapi, terkadang lomba-lomba yang dinfokan biasanya sejenis. Jadi, kalau kamu ngintip di satu blog info seperti ini pun sebenarnya sudah cukup. Toh, rata-rata sama saja.

Dari Komunitas Blogger

Gabung dengan komunitas blogger punya banyak keuntungan. Selain banyak info seputar kegiatan yang mengundang blogger terlibat, biasanya dari komunitas ini juga suka ada banyak info blog competition. Terkadang mereka sendiri yang mengadakan blog competition. Ini tentu saja semakin memudahkan kita buat tahu info soal blog competition ini.

Di Facebook, saya gabung di Komunitas Sahabat Blogger, Kelas Blogger, BRID, dan BloggerBDG. Dari mereka terkadang terselip informasi soal blog competition.

Nah, segitu aja dulu yaa info soal hunting info blog competition ini. Kalian punya sumber informasi lain? boleh dong dishare juga disini…

4 Comments

  1. Dwi Septiyana January 31, 2018 Reply
  2. Nurul Ku January 31, 2018 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *