Mau Covid Test? Cari Tahu di Halodoc

Mau Covid Test? Cari Tahu di Halodoc

Memastikan diri terbebas dari covid-19 adalah cara terbaik untuk melindungi diri dan keluarga. Salah satunya adalah dengan melakukan covid test.

Pandemi covid-19 yang saat ini melanda negeri kita belum sepenuhnya berakhir. Meskipun Pemerintah sudah menerapkan kebijakan new normal, bukan berarti kita sepenuhnya terbebas dari ancaman virus ini. kalau tidak hati-hati, risiko terpapar virus bisa saja terjadi.

Selepas lebaran ini, berbagai daerah mulai melonggarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan memasuki masa new normal. Ini artinya berbagai aktivitas mulai dibuka kembali dan masyarakat bisa beraktivitas seperti sediakala dengan berbagai protokol kesehatan.

Akan tetapi, new normal bukan berarti kita bisa beraktivitas seenaknya. Protokol kesehatan tetap harus diperhatikan. Pasalnya new normal membuat kita akan lebih banyak kontak dengan banyak orang. Pada titik inilah peluang terpapar virus sangat tinggi. Bukan apa-apa, diluar sana masih banyak orang yang belum terkonfirmasi bebas virus covid-19 ini. Mungkin termasuk diri kita sendiri.

Menggunakan Masker Menjadi Protokol Harian di Masa Pandemi (Sumber: Dokpri)

Dalam penanganan kasus covid-19 sendiri dikenal istilah Orang Tanpa Gejala (OTG) dengan ciri tak memiliki gejala terkena virus covid-19. Mereka yang termasuk kriteria ini akan terlihat sehat seperti biasa. Tentu saja ini akan berbahaya apabila kita kontak dengan mereka karena sejatinya mereka tak dikenali sebagai penderita covid-19.

Disinilah urgensinya melakukan covid test. Uji covid ini dilakukan untuk memastikan apakah kita terbebas dari infeksi virus yang sedang mewabah ini atau tidak. Tentu saja mengetahui paparan virus ini sejak dini akan membantu kita memastikan penanganan terbaik seandainya gejala ini ditemukan pada diri kita sendiri. Tapi siapa sih yang mau terinfeksi? Semoga saja kita tidak terinfeksi yaa,…

Oh ya, covid test ini diperlukan bagi mereka yang kerap bepergian dengan pesawat terbang. Ini merupakan prosedur kesehatan standar yang diberlakukan oleh otoritas bandara dan maskapai pesawat terbang. Wajar sih, seram juga apabila virus ini menyebar dari satu daerah ke daerah lain.

Pemerintah sebenarnya sudah menganggarkan Layanan test ini. Akan tetapi karena sangat terbatas, tidak semua orang bisa dilayani secara gratis. Untuk itu, kita bisa melakukan covid test sendiri secara Mandiri.

Pertanyaannya, dimakanakah kita bisa melakukan covid test ini? thanks to technology, kita bisa mengetahuinya lewat gadget yang kita miliki, baik handphone, tablet atau laptop. Anda cukup membuka website ataupun aplikasi halodoc di gadget anda tersebut.

Halodoc adalah aplikasi mobile yang menghubungkan pengguna aplikasi dengan dokter secara cepat, tepat, aman dan akurat. Aplikasi ini memiliki beragam fitur demi menunjang kenyamanan penggunanya dalam hal Layanan kesehatan. Sebut saja dengan fitur voice, video call, atau chat, pengguna Halodoc bisa berkonsultasi dengan dokter pilihannya.

Lewat halodoc juga pengguna bisa memesan obat yang diresepkan oleh dokter. Selain itu, halodoc memiliki fitur Directory, yang membantu pengguna mendapatkan informasi lengkap mengenai dokter, rumah sakit, dan klinik terdekat.

Kemudahan Melakukan Covid Test Lewat halodoc (sumber: halodoc.com)

Halodoc juga mempunyai direktori rumah sakit rujukan yang melayani covid test. Tak kurang dari 152 rumah sakit yang bisa kita pilih lewat halodoc tersebut. Dengan menggunakan fitur ini, kita bisa memesan Layanan covid test di lokasi terdekat dengan tempat tinggal kita.

Caranya sendiri cukup simpel, semudak klik-klik tombol yang ada di sana saja. Secara detailnya, kurag lebih begini tahapan memesan covid test lewat halodoc:

  1. Buka Aplikasi halodoc, klik COVID-19 Test kemudian pilih “lokasi rapid test drive
  2. Pilih rumah sakit rujukan yang terdekat dengan domisili kita, dengan cara klik Pilih Dokter
  3. Halodoc akan membuka laman yang memuat nama rumah sakit, harga, dan jenis test yang tersedia. Jika setuju tinggal Buat Janji.
  4. Pilih hari dan jam kapan kita akan melakukan covid test. Klik Lanjutkan
  5. Halodoc akan meminta konfirmasi nomor handphone kita. Isi dan Tunggu serial code yang dikirimkan melalui SMS dan isi ke kolom yang tersedia di halaman website. Klik tombol Konfirmasi
  6. Pilih untuk siapa test ini dilakukan, anda bisa memilih pribadi ataupun anggota keluarga lainnya
  7. Selanjutnya isi detail data pribadi untuk Kemudahan administrasi pelaksanaan test. Termasuk mengunggah scan/foto KTP atau identitas lainnya.
  8. Jika sudah mengunggahnya, lanjutkan ke tahap pembayaran. Biaya jasa tenaga medis dan penyediaan alat yang diberikan oleh pihak rumah sakit akan berbeda-beda tergantung rumah sakit yang dipilih.
  9. Setelah berhasil, tinggal Tunggu kembali SMS konfirmasi tentang jadwal tes dan detail pesanan. SMS tersebut harus ditunjukkan kepada petugas medis saat melakukan pemeriksaan kelak.
  10. Selanjutnya anda tinggal datang ke rumah sakit sesuai dengan waktu yang dipilih.
Infografis Prosedur Covid Test Di Halodoc (Sumber: halodoc.com)

Covid test hanyalah satu upaya untuk memastikan diri kita terbebas dari paparan virus covid-19. Memastikan diri mematuhi protokol kesehatan selama menjalani aktivitas harian adalah langkah penting lainnya demi mencegah penularan virus ini. Jadi, pastikan tetap patuhi itu yaa,…

Pakai masker ketika keluar rumah, sering-sering mencuci tangan dengan desinfektan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan adalah beberapa hal yang harus mulai dibiasakan saat ini. Siap?

Ofi Gumelar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *