Cari Kost Tanpa Ribet di RedDoorz

Cari Kost Tanpa Ribet di RedDoorz

Bulan Juli-Agustus ini, bisa jadi ada banyak lulusan SMA yang sedang harap-harap cemas. Meraka sedang berjuang dan menanti kelulusan untuk diterima di perguruan tinggi pilihannya. Pada saat yang sama, orang tua mereka gelisah mencari kost untuk anak mereka.

Ini juga yang dirasakan keponakan saya, Nafran. Bulan ini bisa jadi bulan yang melelahkan dan mendebarkan buatnya. Pasalnya, selepas dinyatakan lulus SMA, kini ia tengah berjuang untuk mendapatkan bangku kuliah lewat serangkaian tes ujian masuk yang tengah dijalaninya.

Nafran sedang harap-harap cemas menatap masa depannya sebagai calon mahasiswa (sumber: Dokpri)

Ia sudah menetapkan target, ia membidik kuliah di salah satu perguruan tinggi di Bandung atau Jakarta. Pilihannya kalau tidak UI di Jakarta, ia memilih UPI di Bandung. Jurusan perkuliahannya pun sudah mantap, Kimia. Mungkin ia ingin mengikuti jejak pamannya, saya, yang juga kuliah di jurusan tersebut.

Padahal, kerjaan saya saat ini sangat jauh dari kimia. Hahaha…

Pada saat yang sama, ada sosok lain yang juga dilanda kegalauan. Ibunya cemas membayangkan next step setelah Nafran dinyatakan lulus ujian. Bagaimana pun hasilnya, mereka harus mempersiapkan sesuatu yang terbayang sulit. Mencari tempat kost untuk Nafran.

Sulit? Iya. Mencari tempat kost yang cocok ibarat mencari jarum di tumpukan jerami. Gampang-gampang susah. Semua orang pastinya ingin tempat kost itu harus strategis, dekat ke lokasi kampus, ruangannya bersih, harganya murah.

Saya sepakat dengannya. mencari kostan dengan kriteria tersebut itu susah. Perlu blusukan bahkan sampai berhari-hari untuk menemukan tempat tinggal  yang sreg di hati.

Tapi itu dulu, pengalaman sekitar 15 tahun lalu saat saya dan kakak mencari tempat kost ketika pertama kali saya kuliah di Bandung. Kini dengan semakin berkembangnya teknologi dan pola bisnis, kita tak perlu susah-susah blusukan mencari kostan pilihan.

Cukup berbekal smartphone dan kuota internet, kita bisa blusukan online mencari tempat kost terbaik untuk tempat tinggal selama mengembara di kota orang. Sekarang sudah tersedia banyak aplikasi penyedia jasa pencari hotel maupun kost online yang bisa dipilih. Salah satunya bisa mencari kost lewat aplikasi RedDoorz.

Tahu RedDoorz kan? RedDoorz adalah jaringan penyedia akomodasi online dengan harga super miring. Para backpacker pasti tahu banget deh, soalnya RedDoorz tuh banyak menyediakan akomodasi hotel murah hampir di semua kota, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Nah, selain menyediakan hotel, mereka juga menyediakan akomodasi kost.

Akomodasi RedDoorz tuh bikin nyaman buat staycation (sumber: dokpri)

Buat mencari Kost di RedDoorz teman-teman bisa cek di fitur Residence. Pastinya fasilitasnya sudah terjamin sesuai standar RedDoorz dong. Bersih, nyaman, dan lokasi strategis. Sewanya bisa secara bulanan atau tahunan. Biasanya, disana juga suka diberikan diskon besar untuk mereka yang menyewa dalam jangka waktu yang lama.

Cari kost makin mudah dengan menggunakan aplikasi RedDoorz (sumber: Dokpri)

Terdapat beberapa keuntungan bagi kita dalam mencari Kost di Reddoorz lewat aplikasinya ini. Pertama, tentu saja kita tak perlu repot survey langsung ke lokasi. Ini tentu saja bisa menghemat waktu dan tenaga kita. Kedua, ada deskripsi gambar dan detail lokasi serta kondisi kost yang jelas. Deskripsi ini tentu saja memberi kepastian tentang kondisi kostan yang akan dipilih. Ketiga, ada banyak pilihan di lokasi yang sama. Hal ini tentu saja berguna bagi kita sebagai pertimbangan mau memilih kost yang mana. Keempat, harga yang murah. Kalau soal ini, Reddoorz emang jagonya. Dalam memberi fasilitas hotel pun harganya memang bersaing.

Selain di RedDoorz, ada banyak aplikasi dan layanan online penyedia jasa kost yang bisa dicoba juga. Setidaknya ada enam situs online yang recommended buat cari kostan. Sama seperti cari Kost di RedDoorz, keenam perusahaan ini cukup memberi Kemudahan bagi kita dalam mencari kostan idaman.

www.Infokost.id

Infokost adalah platform yang berfokus pada layanan pencarian sewa tempat seperti kos-kosan untuk mahasiswa, pekerja dan bisa digunakan saat sedang berliburan. Dengan Infokost kamu bisa memilih lebih dari 20.000 kos-kosan harian yang tersebar di kota-kota besar Indonesia, seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi hingga Bali.

Infokost menyediakan banyak pilihan untuk tempat kost (sumber: infokost.id)

Tidak hanya kos-kosan saja, platform ini menyediakan informasi tentang apartemen, villa atau bahkan rumah sekalipun. Di sini kamu bisa mengecek status pemesanan kos kamu. Selain itu, Infokost juga menyediakan lalu lintas pembayaran salah satunya secara online. Selain bisa diakses secara web, Infokost tersedia dalam bentuk Aplikasi juga lho!

www.yukstay.com

Yuk Stay merupakan platform sewa apartemen co-living pertama di Indonesia. Baik mencari penyewa atau mencari apartemen, kini lebih mudah dengan menggunakan platform ini. Platform ini sangat cocok bagi mereka yang mau ngekost di apartemen.

Yukstay jadi pilihan untuk mereka yang mau ngekost di apartemen (sumber: yukstay.com)

Saat ini Yuk Stay tersedia di kota-kota besar seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan daerah Cileungsi dikabarkan segera menyusul. Sama seperti Infokost, Yuk Stay bisa diakses melalui web dan layanan aplikasi.

www.cari-kos.com

Cari-Kos dibangun dengan pemahaman bahwa seiring kesadaran masyarakat merantau pergi ke tempat yang jauh dari rumah, berbanding lurus pula dengan permintaan kos-kosan. Setiap orang yang merantau, punya kepentingannya masing-masing. Ada yang bekerja atau ada yang kuliah. Nah, berdasarkan peluang itu Cari-Kos hadir untuk memberikan layanan kos-kosan kepada perantau.

Melalui situs resminya, Cari-Kos didukung oleh fitur pencarian kost, alamat kost, harga kost, harga kost harian dan tahunan hingga fasilitas yang ada di dalam kost. Tertarik mencobanya? Kamu bisa mengakses pada laman www.cari-kos.com

www.babekost.com

Babe Kost merupakan website resminya adalah pasar atau tempat bertemunya pemilik kos-kosan, apartemen, villa dengan calon penyewa. Babe Kost cukup menarik, pasalnya jika platform lain memberikan layanan berbayar terhadap jasanya, Babe Kost memberikan layanan 100% gratis.

Sayangnya Babe Kost hanya bisa diakses melalui web dan belum tersedia dalam bentuk aplikasi. Platform ini beroperasi di Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya. Kamu bisa mengaksesnya di halaman ini.

www.flokq.com

Terjun di industri sewa hunian, Flokq hadir tidak hanya menawarkan solusi indekos namun juga co-living yang dikelola secara profesional. Saat ini Flokq beroperasi di kawasan Jabodetabek dengan mengelola lebih dari 100 unit kamar. Diterangkan melalui salah satu co-foundernya, Flokq menyewakan tiap unit kamar mulai dari Rp1,7 jutaan hingga Rp20 juta per bulan dengan skema minimal sewa tiga bulan dan tanpa menggunakan Down Payment (DP).

Beragam lokasi kost di apartemen tersedia di flokq (sumber: flokq.com)

Harga yang dibanderol Flokq bervariasi tergantung lokasi hunian. Secara rinci biaya sewa tersebut sudah termasuk listrik, maintenance, jasa kebersihan, laundry, WiFi dan fasilitas lainnya seperti kolam renang, area Gym, layanan 24 ham dan bebas parkir.

www.sewakost.com

Sewakost adalah platform penyedia informasi indekos. Sewakost memiliki database yang jumlahnya cukup banyak untuk kost-kostan yang berada di dekat kampus. Kamu juga dapat memfilter pencarian harga, jenis kamar mandi, dan fasilitas-fasilitas kos lainnya. Tak ketinggalan Sewakost menampilkan peta titik kos dalam bentuk peta, sehingga memudahkan kamu mengetahui jarak ke kampus secara lebih detail.

Nah, dengan banyaknya platform pencari kostan, seharusnya kakak saya tak perlu risau dalam mencari rumah kost bagi anaknya. Kebetulan pula karena pandemi covid-19 ini, tentunya akan lebih nyaman dan aman mencari kost sambil rebahan di rumah saja.

Simpel kan?

Ofi Gumelar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *