Gara-Gara Kolaborasi, IndiHome Makin Dicintai

“Semakin banyak IndiHome berkolaborasi dengan layanan video streaming, saya semakin merasa dimanja!”
Sebagai pelanggan layanan Internet IndiHome selama hampir dua tahun, hampir setiap satu atau tiga bulan saya dibuat terkejut dengan selalu ada saja layanan streaming video berbayar baru yang hadir di layar televisi saya. Yang bikin hepi, baru beberapa minggu lalu saya melihat logo Netflix di layar televisi setiap kali menyalakan sambungan televisi saya.
Dulu, alasan saya memilih layanan IndiHome hanya karena kebutuhan layanan internet saja. Dari berbagai provider, saya mendapati produk besutan Telkom Indonesia ini termasuk penyedia layanan Internet Terbaik di Indonesia. Tak heran, jika kemudian IndiHome kemudian diberikan label sebagai Internetnya Indonesia.
Salah satu keuntungan berlangganan layanan Internet Terbaik ini adalah bonus siaran televisi yang bisa dinikmati dengan sambungan internet. Channel televisi nasional maupun mancanegara hadir di televisi tanpa perlu repot pasang antena ataupun berlangganan TV kabel.
Asyiknya lagi, selain siaran stasiun televisi, IndiHome memanjakan pelanggannya dengan hadirnya layanan streaming video berbayar. Kalau dulu layanan yang dapat dinikmati hanya sedikit, sekarang hampir semua layanan streaming video berbayar hadir di layanan internet terbaik ini, sebut saja Disey Hotstars, MolaTV, WeTV, Video, CatchPlay+, dan yang terbaru Netflix. Boleh dibilang, Kolaborasi Konten Terbaik hadir di IndiHome.
Saya memang termasuk penggila film, entah itu serial maupun film lepas. Saya tak segan untuk berlangganan banyak layanan video streaming dengan alasan satu serial dengan lainnya hadir di layanan berbeda. Di Disney Hotstar, saya menikmati serial Grey Anatomy dan berbagai film Marvel Universe. Di MolaTV, saya menonton serial Dexter. Kedua layanan video streaming ini bisa saya nikmati di saluran televisi yang terhubung dengan IndiHome. Kini, lewat Netflix, saya menikmati serial-serial favorit terbaru, mulai dari serial barat sampai drama korea dan jepang hadir di sini. Jangan lupa pula, film-film box office terbaru banyak tayang disini.
Kolaborasi Konten Terbaik yang dihadirkan IndiHome ini tentu menjadi benefit bagi pelanggan setia layanan Internet Terbaik ini seperti saya. Selain saya tak perlu direpotkan dengan banyaknya tagihan, saya merasa diuntungkan dengan variasi pilihan saluran video streaming ini.
Lebih jauh, rupanya Kolaborasi Konten Terbaik ini juga punya dampak signifikan bagi IndiHome maupun penyedia layanan streaming itu sendiri. IndiHome semakin dicintai pelanggannya, Sementara penyedia jasa layanan streaming diuntungkan dengan pelanggan baru dari basis pelanggan IndiHome ini. Apa yang dilakukan IndiHome dengan menyajikan Kolaborasi Konten Terbaik menggandeng layanan-layanan video streaming ini bagian dari aksi kolaborasi yang sudah menjadi kelaziman di dunia bisnis saat ini.
Hari senin lalu, 19 September 2022, saya mengikuti gelaran Indonesia Brand Forum (IBF) 2022 secara online. Forum yang rutin digelar setiap tahun ini mengusung tema Brand Collaboration Advantage, Menang Melalui Koopetisi Bukan Kompetisi. Pada forum ini, dibahas berbagai jenis kolaborasi yang telah berhasil mengantarkan para brand kolaborator menjadi lebih sukses dibanding saat mereka jalan sendiri.

Dari sini, saya memahami bahwa Kolaborasi Konten Terbaik yang diusung IndiHome bagian dari upaya memenangkan pelanggan tanpa berkompetisi.
“Kini saatnya bersanding, bukan bertanding,”begitu kata Yuswohady, Chairman Indonesia Brand Forum pada sesi pembukaan hari pertama IBF 2022 lalu. Ia kemudian memberi beberapa contoh brand yang sudah berhasil meningkatkan pangsa pasar mereka melalui konsep kolaborasi ini.
Jika dulu untuk menjadi produk nomor satu itu harus bersaing dengan kompetitor, maka kini masanya untuk bergandeng tangan dalam merebut pasar konsumen. Bisa dengan entitas bisnis yang sama untuk saling menguatkan, maupun dengan lini bisnis lain untuk membentuk sinergi tersendiri. Apa yang dilakukan oleh penyedia layanan Internet Terbaik di Indonesia ini adalah dengan bergandeng tangan dengan penyedia layanan konten video streaming.
Lalu, apa keuntungan dari kolaborasi antar Brand ini? dari gelaran IBF ini, setidaknya saya mendapati ada tiga hal penting manfaat dari aksi kolaborasi brand ini.
Pertama, Leverage Brand Audience, Kolaborasi dilakukan untuk memperluas pasar dan target audience. Saat dua brand Bersatu, maka pasar pelanggannya akan semakin besar.
Kedua, Sinergize Brand Asset, dimana ketika dua brand menggabungkan asset masing-masing yang dimiliki, maka akan menghasilkan kekuatan gabungan yang lebih tinggi. Asumsinya 1+1>2.
Ketiga, Align Brand Identity, Kolaborasi yang impacful akan menyelaraskan identitas dari masing-masing brand sehingga tercipta keselarasan dan chemistry yang serasi.
Bagaimana menjelaskan sinergi IndiHome dengan beragam layanan Video Streaming ini? Kata Yuswohady, pemenang di bisnis layanan streaming services adalah mereka yang memiliki dua komponen penting. Pertama, konten yang menarik, variatif dan masif. Kedua, dukungan Infrastruktur (network) yang luas dan kuat untuk men-deliver konten. Pada titik inilah, IndiHome sebagai layanan Internet Terbaik di Indonesia mengisi perannya.
Dari Kolaborasi Konten Terbaik IndiHome, manfaat bagi Layanan streaming sudah jelas, mereka mendapat pelanggan baru, Sementara IndiHome pun selain dapat menarik dan mempertahankan pelanggan mereka. Data Telkom Indonesia menyebut, pelanggan IndiHome hingga akhir Maret 2022 mencapai 8,9 juta atau tumbuh 7,2% dibanding periode yang sama tahun lalu. Ini bisa jadi karena dampak aksi kolaborasi ini. Bukti lain? dari kolaborasi apik yang dijalin IndiHome, Indonesia Brand Forum Awarding 2022 memberi penghargaan berupa The Best Brand Champion for Product/Service Collaboration.
Bagi saya, ini semakin meyakinkan saya untuk tetap menggunakan layanan Internet Terbaik dari Telkom Indonesia ini. Ngapain juga saya pindah provider kalau dari yang ini saja saya sudah dapat segalanya. Bukan begitu?