Jangan Tertipu Penampilan

Apa yang terlintas di benak teman-teman ketika melihat foto berikut ini :

Image

sebagian besar teman-teman mungkin berfikir bahwa pemuda tersebut sedang melakukan sesuatu yang ‘gak bener’,.. ngerokok (level paling rendah…hehe), ‘ngelinting’ ganja,..megang jarum suntukan narkoba,…atau megang mangkok baso?hehehe

Coba kita buka ‘selubung misterinya’, hehehe,…

Image

jreennggg,…gak nyangka kan? hehe,..

Gambar diatas hanyalah ilustrasi betapa kita sering menilai sesuatu hanya dari penampilan luarnya saja. Sah-sah saja sih, karena biasanya penampilan menunjukan kapasitas seseorang. Hanya saja, di jaman sekarang ini sepertinya hal tersebut tidak berlaku lagi yaa. Betapa sering kita temui orang yang penampilannya necis, rapi, berjas, tapi ternyata perampok, penipu dan sebagainya. Sebaliknya, sering juga kita temui orang yang penampilannya biasa-biasa saja ternyata memiliki ‘sesuatu’ di dalamnya.

‘Don’t judge a book by the cover’,.. barangkali istilah tersebut cocok yaa untuk menggambarkan situasi diatas. Kadang kita lupa kalau orang dinilai bukan dari tampilan fisik luarnya (kecuali kontes kecantikan atau ketampanan,..hehe) tapi berdasarkan kualitas ‘dalamnya’. Sederhananya bagaimana pemikirannya, bagaimana hatinya,…dan tentu saja performa nya di masyarakat.

Saya sendiri biasanya suka punya ‘radar’ tersendiri dalam menilai seseorang. Kadang sering benar dan kebanyakan juga salah. Tahu kan, kita biasanya bisa menilai ‘gimana nih’ seseorang itu sejak pertama kita berinteraksi. first impression,.. gitu kali bahasa kerennya. Saya sering cepat menyimpulkan karakter seseorang sejak pertama kali berinteraksi. Yaa itu tadi, seringnya saya memakai sinyal penampilan. ¬†Tapi bukti dari pengalaman saya selama ini membuktikan bahwa kebanyakan indikator penampilan dalam penilaian saya tersebut ternyata banyak salahnya.¬†

Saya tidak tahu bagaimana dengan pengalaman teman-teman?

Well. bagi saya sudah cukup jelas, penampilan luar bukanlah jaminan seseorang akan bagus karakternya. Kadang kita ‘butuh waktu’ yang cukup lama untuk mengetahui karakter seseorang, baik atau buruknya. Waktulah yang akan membuktikanya. Halahhhhh…

Ngomong-ngomong tentang “butuh waktu”, saya teringat akan salah satu lagu band saya. Hehehe,…cocok nih kayaknya!!

Bolehlah sambil baca blog ini sambil dengerin lagunya. Enak kok,…hehehe

cek disini yaaa :

http://www.reverbnation.com/dfunband/song/10800591-butuh-waktu

Salam,

OSG

Notes : gambar ilustrasi diambil dari salah satu materi presentasi mas Hatta Syamsudin, Trainer dan Motivator, bisa diunduh di www.indonesiaoptimis.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *