Kapan Waktu Terbaik Buat Nulis?

Categories Kelas Menulis

Saya ini orangnya moody, termasuk dalam menulis. saya bisa saja tiba-tiba ingin menulis kapan pun saya mau, kemudian bisa berhenti kapan saja secara tiba-tiba. Jadi, saya tak punya waktu khusus untuk menulis, ini mungkin dipengaruhi karena sifat saya yang moody tersebut. Soal waktu yang random untuk menulis juga menyasar pada ide-ide untuk menulis yang seringkali datangnya moody juga. Hehehe…

Jadi kalau ada ide yang bagus untuk jadi bahan tulisan, dan saya sedang dekat dengan laptop, maka saya akan menuliskannya segera, namun jika laptop jauh dari jangkauan, kemungkinan ide itu akan saya tulis dalam secarik kertas untuk kemudian dikembangkan jadi bahan tulisan nantinya.

Saya juga termasuk jenis penulis deadliner garis keras. Maksudnya saya ini sering mepet-mepet mengerjakan tulisan pada waktu menjelas deadline. Tulisan ini juga mulai saya tulis pada pukul 19.20, sekitar 40 menit menjelang tulisan ini harus dikirim ke mentor menulis saya. Katanya tenggat waktu yang mepet seringkali memuntahkan ide-ide untuk menulis. Mungkin karena terpaksa kali ya, sehingga otak ini diajak bekerja ekstra keras mencari ide-ide untuk menulis. Tapi saya mengakui, jeleknya jadi deadliner ini kadang kala ide-ide tersebut belum matang, susah dieksplorasi lebih lanjut karena keterbatasan waktu.

Namun jika dipikir-pikir lagi, dari waktu random tersebut, saya merasa memiliki kenyamanan menulis pada saat waktu dini hari, pada rentang waktu sekitar jam 3 pagi. tentu saja syaratnya saya sudah cukup tidur.

Saya sempat membaca, beberapa penulis idola saya juga memiliki kebiasaaan yang sama. Sebut saja, katanya Ust. Yusuf Mansur menulis diwaktu menjelang dan sesudah shubuh. Yoris Sebastian, dalam bukunya 101 Creative Notes menyebut, jika ia mempunyai energi lebih utuk menulis di waktu pagi. jadi, secara habbit mah saya sudah sama laah sama penulis best seller tersebut. Hehehe…

Kondisi ini mungkin dipengaruhi oleh otak yang segar, telah memiliki waktu istirahat yang cukup untuk kemudian bekerja lagi. Mungkin karena fresh, baru bekerja, sehingga saya seringkali mendapatkan ide-ide terbaik untuk tulisan saya justru diwaktu-waktu pagi ini. Entahlah.

Nah, itu cerita aku soal waktu terbaikku buat nulis, bagaimana dengan kamu?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *