Kenapa Harus Nyoba Ikut Blog Competition?

Apa motivasimu ikutan Blog Competition?

Ada banyak alasan yang bisa disodorkan untuk menjawab pertanyaan diatas. Tentunya setiap blogger punya alasan berbeda-beda. Termasuk juga mereka yang tidak tertarik ikutan. Soal ikutan atau nggak, ini mah memang subjektif, kembali lagi pada masing-masing blogger.

Berhubung serial tulisan ini membahas soal gurihnya ikutan blog competition, tentu saja kita akan ngomongin soal alasan kenapa saya dan juga kamu harus ikutan blog competition ini. Oke?

Nah, kalau saya setidaknya punya tiga alasan kenapa saya senang ikutan blog competition. Simak yuk!

Pertama, hadiahnya gede! Iya, saya gak mau munafik, banyak blog competition menawarkan hadiah yang kalau dirupiahkan terhitung fantastis buat saya yang dompetnya masih senin kamis. Senin ada duit kamis sudah ludes, hihihi… jadi lumayan laah kalau menang, bisa tambah-tambah buat resiko dapur atau sekedar mentraktir beli seblak teman-teman sekantor.

Tapi bagi saya hadiah bukanlah motivasi utamanya. Anggap saja itu mah bonus. Kalau menang syukur Alhamdulillah, kalau kalah yaa syukurin lo kalah, hehehe…

Kedua, ada tema untuk ditulis. Sejujurnya saya ini termasuk penulis amatir yang miskin ide untuk ditulis. Seringnya suka bingung sendiri, pengen nulis tapi gak tahu harus nulis apa. Lihat saja blog saya, tak bayak artikel disana. Saya ngeblog sejak tahun 2014 dan sampai sekarang tulisannya masih puluhan saja. Itu pun kebanyakan artikel buat blog competition.

Kalau kamu setipe dengan saya; semangat nulis tapi miskin ide, blog competition bisa jadi salah satu solusinya. Iya, kan mereka pastinya meminta kita untuk menulis dengan tema tertentu. Dari sinilah saya bisa mendapatkan tema buat menulis. Malahan dari persyaratannya biasanya sudah ada rambu-rambu tertentu nulisnya harus tentang apa, bagaimana, apa saja yang harus ada di tulisan kita dan sebagainya. Ini tentu saja makin memudahkan kita buat menulis, tema sudah disediakan, garis besar isi tulisannya harus seperti apa sudah ditentukan. Tinggal bagaimana kreativitas kita saja untuk mengembangkannya.

Alasan berikutnya yang ketiga mungkin bisa jadi adalah alasan utama saya sering ikutan blog competition. Saya ingin mengukur kualitas tulisan saya!

Sejak awal saya ngeblog di tahun 2014, saya sempat down kalau melihat statistik artikel saya. Minim pengunjung dan gak ada yang komen. Sedih, … saya seperti sendiri di rimba belantara dunia maya. Meskipun saya tahu kalau trafik kunjungan di blog itu dipengaruhi banyak faktor, tapi saya yakin kualitas tulisan tetaplah faktor yang nomor satu.

Nah, satu cara buat mengukur kulitas tulisan saya tentulah harus ada yang menilainya. Mau sodorin ke editor penerbit atau redaktur koran rasanya gak mungkin. Lha, ke penerbit mah ya harus naskah buku, sedangkan ke koran tentu beda gaya penulisannya antara blog dengan artikel koran yang “lebih formal.” Maka, cara yang efektif ya ikutan blog competition ini.

Sederhananya, ketika saya menang blog competition saya bisa tahu kalau tulisan saya masuk kategori ‘bagus dan berkualitas’. Yaa minimal katakanlah sudah layak baca. Apalagi kalau menang juara pertama, hehe….. ini penting lho buat naikin rasa percaya diri kita sebagai seorang blogger. By the way, ketika artikel kita diumumkan sebagai juara blog competition, biasanya traffic pembaca blog kita suka merangkak naik. Buat saya ini bisa jadi indikator bahwa tulisan saya sudah naik level. Sekali lagi, hal-hal seperti ini bisa menaikkan rasa percaya diri kita dalam menulis.

Oke, itu tiga alasan yang memotivasi saya untuk semangat mengikuti beragam blog competition. Sekarang giliran kamu, sebelum kita ngobrolin lebih jauh ngobrolin soal blog competition ini, coba saya ingin tahun apa kira-kira motivasi kamu ikutan blog competition selama ini?

Atau jangan-jangan kamu mah gak tertarik ikutan?

3 Comments

  1. Jan Zac January 9, 2018 Reply
  2. Dwi Spetiyana January 10, 2018 Reply
    • Ofi GumelarAuthor January 10, 2018 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *