Kita Memang Harus Berubah

 

Kemarin, Rabu 3 Januari 2018, saya cukup terkejut dengan tampilan baru koran Kompas. Hari itu, ia bersalin rupa merubah tampilannya. Tata letak serta font yang digunakan benar-benar beda. Perbedaan ini bahkan telah saya sadari sejak saya menerima koran ini pagi itu dari loper koran langganan saya.

Budiman tanuredjo, pemimpin redaksi Kompas, dalam salah satu kolomnya di koran itu menyebut bahwa perubahan yang dilakukan korannya adalah untuk beradaptasi dengan gaya membaca orang akibat revolusi digital. Tak bisa dipungkiri, hadirnya internet telah membawa dampak dalam segala hal, termasuk soal bisnis media cetak.

Tak terhitung berapa banyak koran harian yang gulung tikar akibat oplahnya menurun drastis karena pergeseran preferensi membaca dari media cetak ke online. Berita hot terkini, majalah musik Rolling Stones harus gulung tikar tepat diakhir tahun 2017 lalu. Kalau tertarik mau tau sedikit tentang internet vs koran cetak, silahkan baca artikelnya Hilman Fajrian ini.

Saya tak berharap koran kompas versi cetaknya mengalami nasib sama seperti media cetak lain yang gulung tikar. Saya adalah salah satu pembaca yang masih old school, senang membaca koran cetak. So please, jangan sampai tutup yaa…

Sebagaimana layaknya Kompas, kita memang harus terus berubah. Perubahan itu perlu dan memang harus, …kudu dan wajib! Manusia dan juga entitas bisnis memang seharusnya terus berubah,…dalam arti positif yaa, terutama untuk mengikuti geliat jaman, agar tak terlindas oleh perubahan itu sendiri.

Gimana caranya? saya tak hendak menggurui kamu, karena toh saya juga bukan ahli pengembangan diri atau psikolog atau apalah. Tapi yang pasti saya terus berusaha mengupdate diri saya, memantaskan diri untuk ikut berada di gerbong perubahan dunia saat ini. caranya? Banyak baca, berani mencoba hal baru, serta berkomunitas untuk memperluas pergaulan. Detailnya nanti deh saya coba curhatin lagi di blog ini.

Bagaimana menurutmu?

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *