Komunitas Hong: Destinasi Anti Mainstream Buat Traveling di Bandung

KOMUNITAS HONG

Ketika Mall, Factory Outlet, Distro, Taman Kota maupun destinasi wisata kuliner sudah terlalu mainstream untuk dikunjungi, kemana lagi alternatif wisata yang asyik buat kita datangi di Bandung? Komunitas Hong mungkin bisa menjadi pilihan seru buat kamu mampir ke tempat ini
.

Bandung memang terkenal sebagai surganya tempat wisata. Beragam jenis wisata ada banyak tersedia disini. Kamu yang suka belanja pastilah sangat dimanja dengan bertebarannya Factory Outlet di area Jl. Riau maupun dago.  Kamu yang suka baju-baju distro yang limited pasti sudah kenal outlet 347, Greenlight, Ouval dan sejenisnya di sekitar Jl. Trunojoyo dan sekitarnya. Kamu yang suka kulineran, gak bakal susah nemu beragam tempat kuliner unik bertebaran di kota ini. Terus, buat yang suka suasana alami, pasti pada lari ke wilayah Dago Pakar atau seputaran Lembang. Sementara buat yang hobi nge-mall, siapa yang tak kenal Ciwalk, Bandung Supermall, atau Festival Citylink. Pokoknya mah komplit deh.

Tapi, kalau kamu merasa sudah bosan dengan semua itu karena dirasa sudah terlalu mainstream, masih adakah tempat menarik buat jadi alasan kuat kamu tetap main ke Bandung?

Oke, saya coba kasih tahu tempat yang asyik buat dikunjungi. Namanya Komunitas Hong. Lokasinya terdapat di wilayah Dago Atas, tepatnya di Jalan Bukit Pakar Utara No.35, tepatnya di Pakarangan Ulin Dago Pakar. Untuk menuju ke lokasi Komunitas Hong, bisa dicapai dengan menggunakan angkot jurusan Dago-Ciburial lalu disambung naik ojek. Tentu kalau pake kendaraan pribadi akan mudah dicapai. Percayalah, perjalanan menuju ke sana cukup eksotis, karena sepanjang menuju ke sana kamu bakal disuguhin pemandangan Taman Hutan Raya Djuanda yang hijau nan memanjakan mata. Oh ya, saya ke sana sekitar setahun kemarin, tepatnya sekitar bulan Februari tahun 2015.

ciburial desa id
Serunya Bermain di Komunitas Hong (Sumber: Ciburial.desa.id)

Ada apa sih di Komunitas Hong ini? sejatinya komunitas Hong adalah komunitas yang berusaha melestarikan berbagai permainan tradisional Nusantara, khususnya khas tanah pasundan. Disini terdokumentasikan sekitar 250 permainan anak tradisional sunda, 213 permainan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta 50 permainan dari Lampung. Ada juga koleksi sekitar 100 permainan rakyat dari 10 negara asing. Bukan tidak mungkin jumlah ini akan terus berkembang.

Tempatnya sendiri sangat cozy dan etnic banget. Bangunan-bangunannya banyak menggunakan ornament kayu, tentu dengan desain sunda. Ada leuit (lumbung padi) yang mungkin kini susah ditemui (apalagi kamu yang hidup di kota besar), serta ada taman berbentuk amphitheater sebagai tempat bermain. Dengan beragam pohon besar diberbagai sudut, tak akan ada terik panas yang mengganggu disana, plus tentu saja udara Dago yang masih kehitung dingin laah. Enakeun pokok na mah!

kangarul1
Fasilitas di Komunitas Hong (Sumber: @dosengalau)

Terus ngapain aja disana? Ya main laah,…iya saya mau ngajak kamu buat mainin permainan tradisional jaman dulu. Lupakan sejenak permainan games online, matikan sejenak games-games yang ada di hape kamu, ayo kita kembali mengenang masa-masa kecil dulu.

Beneran deh, Saat mengunjungi tempat ini saya serasa diajak kembali ke masa-masa ceria waktu kecil dulu. Jaman dulu tuh, tiap pulang sekolah saya biasa main ucing sumput, sorodot gaplok, oray-orayan, atau yang paling mudah paciwit ciwit lutung. Belum lagi kalau malam hari, saya biasa main engrang bareng teman-teman di lapangan bulutangkis dekat balai RW. Ingatan-ingatan ini terus berputar seiring saya melakukan permainan-permainan ini di Komunitas Hong. Buang sungkanmu, sejenak jadilah anak kecil kembali disini.

liburananak com
Beragam Permainan Tradisional Ada Di Komunitas Hong (Sumber: liburananak.com)

Buat kamu yang orang sunda pastilah tahu jenis permainan yang saya sebut diatas, dan maap buat yang bukan orang sunda, mungkin kamu bertanya, permainan apa sih itu semua? Makanya ayo main ke sana. Tentu saja selain jenis permainan yang saya sebut diatas, ada banyak lagi jenis permainan lain yang bakal kamu temui disana.

Buat masuk ke sana, kamu perlu merogoh kocek sekitar 50 ribu rupiah. Siapin juga duit cash, karena saat saya ke sana sih, belum bisa menerima pake kartu debet atau kredit. Mahal? Nggak lah, soalnya disini kamu bisa main sepuas-puasnya dengan beragam permainan tradisional. Apalagi buat kamu yang udah punya anak, rasanya cocok untuk mengenalkan permainan tradisional yang sering Bapak Ibunya mainkan jaman dulu, sekalian buat edukasi juga kan?

Asyiknya lagi, disana juga terdapat jajanan tradisional lho. Kamu bisa mencoba beragam makanan khas sunda, ada kacang rebus, ubi rebus, singkong kelapa serta minuman bandrek yang disajikand alam batok kelapa. Menu makan beratnya juga unik, ada sayur rebung, bunga honje serta olahan jantung pisang. Ahhh, serasa ada di perkampungan si Kabayan di filmnya Alm. Dedi Petet deh…..hehehe

Nah, niat main ke Komunitas Hong? Ayo ke Bandung.

Biar gak cape, saya sarankan teman-teman mending gak usah bawa mobil pribadi deh ke Bandungnya. Bandung sekarang udah sesak bro….macet dimana-mana, please laah bantu biar gak makin banyak mobil masuk ke Bandung. Mending Backpakeran aja bro… pake kendaraan umum aja. Takut ribet? Tenang, saya bisa rekomendasikan caranya biar jalan-jalan kamu nyaman biarpun gak bawa kendaraan pribadi.

Saya sarankan kamu rencanakan jalan-jalan kamu ke Bandung pake aplikasi Tiket.com. Yap, selain via desktop, kamu bisa install aplikasinya di smartphone kamu,…dan kamu bisa booking yang diperlukan selama di Bandung via aplikasi ini. Gak pake ribet bro,…aseli. Tentu saja jangan lupa sign up alias register dulu yaa…

Beberapa fitur yang ada di aplikasi Tiket.com adalah booking tiket pesawat, tiket kereta api, booking hotel, tiket event dan sewa mobil. Komplit banget yaa….

Pertama, buat menuju Bandung, kamu bisa pake pesawat maupun kereta api. Jadi, di aplikasi Tiket.com ini sudah tersedia layanan buat booking jenis angkutan umum ini. Yang dari Jakarta sih saya sarankan buat pake Kereta Api saja yaa,..deket dan tentu saja lebih murah.

Caranya sih simple, buat pesan tiket pesawat, di menu aplikasi ini, kamu tinggal klik buat pesan pesawat dan imput deh kapan mau pergi dan kapan kembali. Eh, bisa sekali jalan juga kok. Terus pilih jenis maskapai pesawatnya, dan ikuti petunjuk selanjutnya….. Capek bro kalau harus detail, kayaknya buat yang sering ngoprek smartphone tentu udah hapal laah yaauuu. Demikian pula buat pesan tiket kereta,…sebelas dua belas. Caranya sama dengan pesan tiket pesawat yaa.

desktop
Tampilan Fitur Pesan Tiket Pesawat via Tiket.com versi desktop

Nah, yang asyik di aplikasi tiket.com ini adalah ada fitur last minutes hotels. Ini berguna buat kamu yang dadakan pergi ke Bandung dan belum sempat booking hotels. Tiap harinya ada penawaran jenis hotel dengan promo diskon gila-gilaan murahnya di berbagai hotel. Misal nih, di Bandung buat tanggal 19 Maret 2016 tersedia promo murah di Hotel Gino Ferucci dengan harga yang dipangkas gede abis. Bayangin aja, dari rate 1,2 juta bisa jadi 300 ribuan bro! Oh ya, Tiket.com sudah me-list hotel mana yang promo berdasarkan yang termurah sampe yang termahal. Namanya last minutes, kamar yang tersedia biasanya sedikit yaa…rata-rata sekitar 3 kamar yang tersedia dengan harga promo ini,…cepet-cepetan booking deh.

Screenshot_2016-03-19-19-50-35
Banyak Diskon Gila di Last Minutes Hotels

Oh ya, coba cek juga fitur event di apps ini. tiket.com juga menjual tiket untuk berbagai event skala nasional. Nah, waktu saya ngecek sih, event terdekat yang akan berlangsung di Bandung di Bandung adalah International Kampoeng Jazz 2016 yang akan diselenggarakan tanggal 30 April 2016. Asyik juga kalau kamu ke Bandungnya di tanggal tersebut sambil apply pembelian tiketnya di tiket.com. Nonton Jazz terus deh keliling Bandung, termasuk ke Komunitas Hong itu.

Screenshot_2016-03-19-19-51-19
Catet Tanggal Mainnya, Pesan Segera Tiketnya

Satu lagi yang mau saya kasih tahu soal layanan di Tiket.com yang cukup penting buat kamu. Disini ada fitur buat sewa mobil juga lho. Nah, inilah mengapa saya sarankan buat kamu gak bawa mobil dari kota asal kamu. Kamu bisa milih ngerental mobil di Bandung lewat aplikasi Tiket.com ini sob…. Caranya kurang lebih sama laah dengan ketiga layanan yang saya sebut sebelumnya. Abis ngerental, kamu bisa ke Komunitas Hong terus lanjut ke tempat lain di seputar Bandung.

Screenshot_2016-03-19-19-50-56
Mau Sewa Mobil di Bandung? Monggo Pilih Saja di Tiket.com

Oke, rasanya traveling kamu di Bandung gak bakal sengsara kalau kamu punya aplikasi Tiket.com ini entah itu di smartphone atau di laptop kamu. Tapi biar gak ribet, mending install aplikasinya di smartphone deh, biar bisa transaksi kapan pun dan dimanapun.

So, kapan ke Bandung? Hayu ulin ka Komunitas Hong.

Aku tunggu kamu…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *