Lebih Mudah Mencari Mobil Bekas Terbaik di Momobil.id

Internet telah membawa trend perubahan pola belanja barang secara online, termasuk dalam hal jual beli mobil bekas. Dulu, untuk mencari mobil bekas perlu perjuangan serta pengorbanan waktu dan biaya yang tak sedikit. Kini, dengan hadirnya beragam situs jual beli mobil bekas online, membeli mobil bekas cukup dilakukan di depan layar komputer dengan lebih mudah, aman dan nyaman. Pertanyaannya, dari sekian banyak situs jual beli mobil bekas online tersebut, manakah yang terbaik?

Tanggal 13 Oktober 2008 tercatat sebagai salah satu tanggal bersejarah bagi saya dan istri. Hari itu kami mendapat kejutan. Pada sebuah tabloid hiburan, tercetak sebuah pengumuman tentang lomba foto yang saya dan istri ikuti. Tak disangka, foto kami terpilih sebagai juara pertama. Hadiah sebesar 20 juta rupiah kemudian menjadi kado istimewa bagi kami berdua.

Hadiah 20 juta rupiah, untuk uang muka pembelian mobil (sumber: dokpri)

Tak ingin uang sebesar itu melayang percuma, kami sepakat untuk mengalokasikannya sebagai tambahan uang muka membeli mobil. Ya, sejak awal pernikahan kami memang sudah menabung kecil-kecilan untuk membeli kendaraan roda empat. Bukan apa-apa, kemudahan mobilitas sudah menjadi kebutuhan penting bagi kami yang tinggal di kota kecil dimana angkutan umumnya belum cukup memadai. Terlebih banyak keluarga kami yang tinggal di luar kota, serta saya yang terkadang harus bepergian keluar kota untuk urusan kerjaan. Tentu akan sangat mudah bagi kami untuk bersilaturahmi dan mengurus pekerjaan di luar kota jika memiliki mobil pribadi sendiri.

Uang hadiah sebesar 20 juta tersebut seolah jawaban dari Tuhan bagi kami yang sedang fokus untuk memiliki mobil pribadi. Selanjutnya, kami sepakat untuk membeli mobil bekas saja. Hitung-hitungannya, pendapatan bulanan kami memang baru mencukupi untuk membayar cicilan sekelas mobil bekas. Tak apa, yang penting ada dan kondisinya masih bagus. Pilihannya, kami ingin mencari mobil Avanza agar bisa muat banyak.

Sekedar mengenang, pada masa itu ternyata perburuan mencari mobil bekas bagi kami terasa melelahkan. Seingat saya, waktu itu saya hunting mobil bekas dengan cara melihat iklan baris di koran dan mencari ke showroom mobil bekas.

Jangan tanya kenapa waktu itu saya tidak mencari via internet. Zaman itu jual beli mobil bekas online belum begitu marak, mungkin malah belum ada. Jangankan jual mobil bekas, jualan pakaian, sepatu dan asesoris lainnya via online pun belum dilirik pembeli. Masyarakat Indonesia saat itu belum percaya soal keamanan berbelanja online.

Setidaknya ada beberapa hal yang membuat berburu mobil bekas saat itu begitu melelahkan. Pertama, ternyata mencari mobil bekas melalui iklan baris itu tidak efektif. Anda tahu, iklan baris di koran hanya memuat informasi yang terbatas; type mobil, tahun pembuatan, harga yang kadang disebut negotable, serta nomor kontak penjualnya. Tak ada gambar fisik mobilnya disana sehingga tentu saja harus janjian untuk melihat langsung mobil yang ditawarkan. Buat nanya-nanya kondisi mobil serta janjian melihat mobil yang dijual, tentu saja saya perlu menelepon penjualnya terlebih dahulu.

Berburu mobil bekas melalui iklan baris di koran (sumber: dokpri)

Masalah berikutnya adalah soal kualitas mesin. Bagi saya yang awam soal mesin, selain melihat tampilan fisik, saya tak bisa menaksir apakah kondisi mesinnya masih bagus atau tidak. Saya perlu membawa orang yang ahli soal mesin kendaraan. Jadwal pencarian mobil bekas pun perlu mengakomodasi waktu bisa nggaknya teman yang ahli mesin tersebut untuk saya ajak mengecek mobil yang saya incar. Tentu saya juga perlu menyiapkan sekedar uang lelah bagi dia. Repot bro!

Belum lagi soal mencari leasing untuk proses kredit. Kebanyakan penjual persorangan tak mau direpotkan dengan urusan leasing. Saya tentu saja harus mencari leasing yang bersedia mengakomodir keperluan saya. Waktu itu saya sempat mencoba searching mobil bekas lewat iklan baris, namun setelah tiga kali tak ketemu yang cocok, saya memutuskan mencoba mencarinya lewat showroom.

Akan tetapi, mencari mobil bekas di showroom pun ternyata tak segampang yang saya kira. Saya perlu mengunjungi beberapa showroom  berbeda. Ada kalanya ketika datang ke satu showroom, ternyata mobilnya tidak tersedia. Kalau pun type mobil yang kami mau itu ada, terkadang soal harga dan mekanisme kreditnya yang tak cocok dengan kami. Tentu saja saya perlu mencari lagi ke tempat lainnya. Terhitung saya perlu keluar masuk showroom berbeda sebanyak 5 kali sebelum mendapatkan mobil yang cocok.

Hasil perburuan mobil idaman yang melelahkan (sumber: dokpri)

Berdasarkan pengalaman saya tersebut, setidaknya berburu mobil bekas secara konvensional membutuhkan ekstra waktu dan biaya. Terhitung saya perlu mencari hampir dua minggu untuk menemukan mobil yang benar-benar cocok. Sementara soal biaya, tentu saya harus mengeluarkan uang yang tak sedikit dari dompet ini untuk biaya transportasi ke showroom atau rumah pemilik mobil, serta uang pulsa untuk menelepon pengiklan di koran. Asal tahu saja, waktu itu tarif pulsa nelepon lumayan mahal. Belum ada tuh paket-paket hemat seperti yang banyak ditawarkan operator seluler seperti hari ini.

Kalau diingat-ingat lagi pengalaman tersebut, cuma dua kata yang bisa saya sampaikan: cape deh!!

===

Sembilan tahun berlalu, dunia berubah cepat. Perkembangan teknologi informasi, terutama penetrasi internet dalam dunia bisnis turut merubah trend aktifitas bisnis. Apalagi ketika telepon genggam sudah semakin canggih, geliat e-commerce semakin melesat. Perlahan, pola belanja kita bergeser dari cara konvensional menjadi online.

Trend jual beli secara online turut merambah pada mobil bekas. Kini, terdapat banyak website yang menyediakan jasa jual beli barang mobil bekas. TechInAsia melisting setidaknya ada 15 situs jual beli mobil bekas yang saat ini terhitung aktif di dunia maya. Katadata menyebut nilai transaksi terkini penjualan mobil bekas secara online tahun ini pada salah satu website mencapai Rp. 27,5 triliun rupiah. Trend ini diprediksi akan semakin meningkat ke depannya. Bagi saya fakta ini membuktikan bahwa jual beli mobil bekas secara online memang sedang marak di masyarakat kita.

Sekedar flashback, andai saja 9 tahun lalu sudah ada situs jual beli mobil bekas online, saya tentu tak perlu mengalami drama ribetnya mencari mobil bekas seperti kisah saya diatas. Cukup browsing di internet, lihat fotonya, baca spesifikasinya dan ketika sudah yakin tinggal lihat unitnya. Jelas lebih gampang serta menghemat waktu dan biaya.

Dari sekian banyak situs jual beli mobil bekas online di Indonesia, manakah yang terbaik? Sekedar mencari tahu, Saya mencoba menjajal menggunakan situs-situs tersebut. Tentu saja penilaiannya sangat subjektif, sesuai selera saya. Ternyata masing-masing situs memiliki karakteristik tersendiri.

Khusus untuk anda sedang mencari mobil bekas dan berniat membelinya secara kredit, saya rekomendasikan untuk menggunakan momobil.id. Kenapa? Setidaknya ada beberapa alasan mengapa saya berani menyarankan anda untuk menggunakan situs ini.

Pertama, ada nama besar Adira Finance dibelakang momobil.id. Siapa yang tidak kenal Adira Finance? Sebagai perusahaan pembiayaan kredit kendaraan bermotor, Adira sudah malang melintang lebih dari 26 tahun di bisnis ini. Ya, momobil.id bekerja sama dengan Adira Finance dalam operasionalnya. Tentu saja ini menjadi jaminan soal profesionalitas dan kredibilitas momobil.id bagi konsumennya. Well, saya sendiri pernah menjadi kostumer Adira Finance sekitar tahun 2003 untuk pembiayaan kredit sepeda motor perdana saya waktu itu. Sejauh itu, saya puas dengan pelayanannya.

Tentu saja, karena Adira Finance sebagai perusahaan pembiayaan kredit resmi yang diakui pemerintah, maka segala transaksi di momobil.id diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Bagi saya ini memberi jaminan keamanan proses kredit kita dari awal hingga akhir. Tahu kan kalau sekarang ini marak skema pembiayaan kredit yang abal-abal? Tipu-tipu dengan iming-iming proses yang cepat, uang muka yang super ringan dan bantuan pemalsuan dokumen kini marak ditawarkan oleh leasing-leasing yang gak jelas. Gak mau kan kita jadi korban mereka?

Kedua, di momobil.id kita tak perlu repot cari leasing yang bersedia membiayai pembelian kredit mobil bekas yang kita inginkan karena sudah ada Adira Finance yang akan memback up transaksi tersebut. Bagi saya ini adalah poin lebih dari momobil.id sekaligus pembeda dengan situs jual beli mobil bekas lainnya.

Situs momobil.id dan Adira Finance memberi jaminan proses pencairan kredit yang cepat. Proses approval paling lama diproses hanya 1 jam sejak permohonan diajukan. Sementara untuk proses kredit, mereka memberi garansi paling lama 7 hari dilaksanakan. Malahan bisa jadi lebih cepat dari itu jika semua persyaratan sudah lengkap. Menariknya, semua proses tersebut dilakukan secara online.

Pengamatan saya, sebagian besar situs jual beli mobil bekas lain hanya berperan sebagai “lapak” saja bagi penjual mobil bekas dalam menawarkan mobilnya. Selebihnya transaksi yang terjadi tidak lagi melibatkan pengelola situs tersebut. Percayalah, kerepotan akan terjadi di sana manakala kita ingin membeli secara kredit. Ya, kita perlu mencari sendiri leasing yang bersedia membiayai transaksi tersebut. Prosesnya tentu akan lebih lama lagi, mulai dari melengkapi dokumen, survey mobil hingga keputusan pembiayaan yang belum ada jaminan akan di-acc. Kalau pun ada leasing yang ditawarkan, belum ada jaminan kan soal reputasi leasing tersebut?

Ketiga, transparansi kondisi mobil bekas yang ditawarkan. Ya, ini adalah kelebihan momobil.id yang saya sukai. Sudah disebutkan diatas bahwa saya ini awam soal urusan mesin mobil. Situs momobil.id ini tidak hanya sekedar memajang mobil yang akan dijual, akan tetapi juga memastikan kondisi mobil yang dijual tersebut masih bagus dan layak pakai, mulai dari tampilan fisik luar sampai kondisi mesinnya. Momobil memiliki tim expert yang akan mengecek bagaimana kondisi mobil yang dijual mereka. Mereka juga mengeluarkan sertifikat sebagai bukti bahwa mobil yang dijual memang memiliki kualitas yang bagus. Nantinya, jika sudah deal, tim ekspert ini akan mendampingi calon pembeli dalam mengecek mobil pilihannya. Don’t worry, tim expert ini adalah salah satu fasilitas layanan momobil.id, jadi calon pembeli tak dikenakan fee untuk bantuan tim expert ini alias gratis. asyik kan?

Keterangan kondisi mobil dijelaskan apa adanya oleh momobil.id (sumber: screenshoot momobil.id)

Bagi saya, kelebihan ini pastinya membuat saya lebih nyaman dalam mencari mobil bekas secara online. Saya tak perlu khawatir ditipu soal kondisi mobil yang diincar. Rasanya ini juga menjadi pembeda momobil.id dengan situs jual beli mobil bekas lainnya, dimana biasanya kondisi mobil hanya dijelaskan sepihak oleh pihak penjual saja tanpa ada checking dari pihak marketplace mobil bekas online. Beberapa situs online bahkan sampai perlu memasang rambu-rambu agar berhati-hati terhadap penipuan yang dilakukan penjual mobil. Nah lho?

Keempat, transparansi soal harga dan angsuran kredit. Situs momobil.id langsung menyediakan skema rincian besaran uang muka dan cicilan yang harus dibayar kita untuk mobil bekas yang kita inginkan. Skema rincian ini langsung keluar begitu kita meng-klik gambar mobil yang kita inginkan.

Skema angsuran dan nilai uang muka dijelaskan pada setiap mobil yang ditawarkan (sumber: screenshoot momobil.id)

Seandaikan kita keberatan dan ingin mengubah skema angsurannya, tinggal gunakan fitur kalkulator keuangan kemudian isi besaran harga mobil, tahun cicilan serta uang muka yang disiapkan. Tinggal klik “Hitung” dan nantinya akan keluar skema angsuran yang kita inginkan. Kalau setuju, yaa tinggal ajukan kreditnya saja.

Bagaimana cara menggunakan kalkulator keuangan di website momobil.id ini? Simak video berikut ini… (sumber video: channel youtube penulis)

Kelima, tim yang responsive membantu. Salah satu penilaian saya dalam melihat bagus tidaknya suatu layanan situs online adalah bagaimana respon staff situs tersebut dalam menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan konsumen. Saya akan memberi penilaian jelek manakala pertanyaan kita hanya ditanggapi oleh sistem atau robot, yang membuat pertanyaan tak langsung dijawab dan harus menunggu dalam hitungan hari. Ada kan situs yang seperti itu?

Mona dengan Sigap akan menjawab setiap pertanyaan kita (sumber: screenshoot momobil.id)

Saya sempat mencoba bertanya pada fitur live chat di situs momobil.id ini. Ternyata responnya cepat. begitu kita mengklik fitur obrolan, staff costumer service yang diberi nama Mona akan langsung menyapa. Termasuk ketika menjawab pertanyaan, begitu saya selesai mengetik pertanyaan, Mona akan langsung menjawab dengan panjang lebar. Oh ya, jam kerja mereka dari senin sampai minggu di jam 7 pagi sampai 10 malam. Diluar jam itu, kita bisa meninggalkan pesan dan akan segera direspon keesokan harinya tepat di awal jam kerja. Well, saya sudah mengetes ini. kebetulan kemarin sempat terkendala ketika membuat akun di situs ini, dan sejauh ini responnya terhitung cepat dan sangat membantu. Kerennn…

Keenam, ada banyak promo kejutan di momobil.id. Kalau soal ini sih mungkin bagian dari strategi tim marketingnya untuk menarik minat konsumen membeli maupun menjual mobilnya di website ini. Anyway, bagi saya ini suatu nilai lebih yang bisa jadi pertimbangan kita kalau mau membeli mobil bekas. Buat yang ngirit dan suka bonus gratisan, pastilah ini menggiurkan. Siapa yang nolak kalau diberikan cashback 10 juta saat membeli mobil? siapa yang gak mau diberi gratis uang bensin selama 1 tahun penuh? atau bisa bebas pajak STNK selama 3 tahun? Wuihhh bagi saya sih promo-promo ini sangat atraktif.

Ada banyak promo yang menggiurkan di momobil.id (sumber: screenshoot momobil.id)

Ketujuh, website yang interaktif dan user friendly. Jangan ngomong soal bisnis online jika tak didukung oleh website yang mumpuni. Komen saya, setelah mencoba mengunjungi momobi.id dan berselancar didalamnya, boleh dibilang situs websitenya sangat menarik. Interaktif namun tetap mudah digunakan.

Ketika pertama kali membuka situs momobil.id, saya melihat situs ini cukup mencolok. Dengan warna dasar kuning, mata kita seolah diajak untuk melirik lebih jauh isi dari website ini. Tata letaknya sendiri cukup sederhana. Bagian headernya hanya menampilkan 5 menu, yaitu search (cari merk dan tipe mobil), Beli Kendaraan, Jual Kendaraan, Ajukan Kredit dan Login/Register. Dibawah header langsung disajikan beragam promo serta tautan bagian website lainnya dengan desain poster yang terkesan rame dan menggoda rasa penasaran kita untuk mengkliknya.

Ada tiga sidebar di sisi kanan yang dibikin statis di website momobil.id, yaitu fitur Pembelian Saya, Komparasi dan Kalkulator Keuangan. Dari ketiganya, yang menarik adalah fitur Kalkulator Keuangan. Seperti saya bilang sebelumnya , fitur ini akan sangat membantu untuk memberikan simulasi pembiayaan kredit yang tepat sesuai kemampuan kita. cukup isi beberapa pertanyaan dan nantinya kalkulator ini akan merekomendasikan skema perkiraan biaya yang pas dengan kantong kita.

Tampilan website momobil.id yang interaktif dan user friendly (sumber: screenshoot momobil.id)

Oh ya, pada sisi kiri bawah tersedia fasilitas Live chat untuk bertanya kepada tim momobil.id. Mereka sendiri menyebutnya sebagai Mona. Fitur Mona yang sigap menjawab pertanyaan-pertanyaan kita menjadi salah satu poin keunggulan momobil.id versi saya sebagaimana dijabarkan diatas.

Sementara itu pada menu Beli Kendaraan, selain bisa memilih langsung dari deretan gambar mobil yang disediakan, kita juga bisa menyortir berdasarkan Merek atau Cari Mobil Sesuai Budget. Kedua menu ini serupa jalan pintas bagi anda yang sudah memiliki pilihan mobil apa yang akan dibeli. Oh ya, form Cari Mobil Sesuai Budget ini sebenarnya juga tersedia pada halaman utama. Sepertinya momobil.id menjadikan fitur ini sebagai andalan mereka dalam membantu konsumennya mencari mobil terbaik sesuai budget mereka.

Nah, berdasarkan pengalaman saya tersebut dalam mengulik situs momobil.id, rasanya saya tak bisa menyangkal jika  momobil.id menyebut mereka  sebagai situs “Jual beli Mobil: Mudah, Aman, dan Nyaman.”

Dengan beragam fitur serta fasilitas yang ada pada situs mereka, saya sih yakin momobil.id akan menjadi marketplace mobil bekas online terbesar di negeri ini. Mau beli mobil bekas? Cukup duduk manis didepan gadget anda dan buka momobil.id. Yuk!

Ofi Gumelar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *