Mengapa Saya Menulis?

Categories Kelas Menulis

Setelah lebih dari tiga tahun ngeblog, setelah menulis lebih dari seratus artikel, saya baru sekarang mendefinisikan alasan mengapa saya menulis.

Mengapa kamu menulis? Pertanyaan ini sempat dilontarkan teman-teman saya manakala mereka mengetahui saya sering menulis di blog, namun saya tak pernah menjawabnya secara serius. Maksudnya saya selalu menjawabnya sekenanya saja. Paling sering saya jawab, “karena saya suka.” Sesimpel itukah?

Kini, ketika ada yang bertanya kembali dengan pertanyaan yang sama tersebut, saya mencoba mencari jawabannya lebih serius lagi. Sedikit merenung, mencari beberapa hal yang mungkin mendorong saya untuk aktif menulis beberapa tahun ke belakang ini.

Jadi, setelah saya mencoba memeras sedikit kerja otak, saya coba menuliskan beberapa hal yang menjadi alasan mengapa saya menulis. Mau tau?

Pertama, karena senang membaca. Teman penulis senior saya pernah berkata kalau membaca dan menulis itu ibarat menuangkan air ke dalam teko. Ketika kita banyak membaca, kita seolah mengisi teko dengan air. Maka ketika kita banyak membaca,  suatu saat teko tersebut akan penuh dan perlu dituangkan airnya. Proses menuangkan air itulah yang diibaratkan dengan menuliskan kembali apa yang ada di otak kita.

Sering baca berakibat kamu pengen nulis

Analogi tersebut mungkin ada benarnya, tapi yang pasti semakin sering saya membaca, baik itu buku maupun artikel, saya semakin tertarik untuk menulis. ketika saya terkagum-kagum dengan tulisan seseorang, saya merasa tertantang ingin juga bisa menghasilkan tulisan seperti mereka. apakah kamu juga seperti itu?

Kedua, menulis adalah media untuk mencurahkan ide atau gagasan. Saya termasuk jenis orang yang selalu tergelitik untuk mengkritisi sesuatu hal. menulis adalah media terbaik bagaimana saya mencurahkan ide, pendapat atau kritik saya terhadap sesuatu hal. karena itulah saya banyak menulis artikel jenis opini dalam blog saya ini, maupun di blog keroyokan kompasiana.

Ketiga, untuk mengisi waktu luang. Yap, alasannya sesederhana itu. Daripada menghabiskan waktu gak tentu, lebih baik mengisinya dengan menulis. Alasan ketiga ini bisa jadi indikasi mengapa saya tak banyak memposting tulisan di blog ini. Jadi, kalau saya gak posting tulisan disini, artinya yaa saya sedang sibuk, hehehe…

Kalau kamu, megnapa kamu menulis?

2 thoughts on “Mengapa Saya Menulis?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *