Mengurai Keajaiban Minyak Kelapa Murni

Categories Review Produk
tanaman yang mengandung banyak keajaiban (Sumber: herbabagoes)

Bocah itu selalu saja merasa kesal kalau diajak pergi ke rumah neneknya. Bukannya tidak senang bertemu dengan sang nenek, tetapi dia kerap jengkel dengan ulah neneknya yang sering melakukan sesuatu yang dibencinya.

Salah satu kebiasaan si nenek yang dibenci bocah tersebut adalah selalu mengusapkan minyak kelapa ke rambutnya setiap kali dia main ke rumah neneknya, atau sebaliknya jika si nenek berkunjung ke rumahnya, tidak lupa minyak kelapanya selalu dibawa dan ritual usap rambut tersebut seolah menjadi menu wajib bagi si nenek. Untuk pemikiran bocah yang baru berusia 12 tahun, tentu saja itu sedikit menjengkelkan. Bukannya apa-apa, setiap ditanya kenapa harus mengusapkan minyak kelapa buat rambut, sang nenek hanya menjawabnya dengan senyum-senyum saja. Ketika ditanya kenapa tidak menggunakan minyak rambut bermerek saja yang banyak dijual di toko-toko, lagi-lagi si nenek hanya bilang bahwa minyak kelapa lebih baik. Jawaban yang tidak bisa memuaskan rasa penasaran si bocah.

Namun, dibalik kebiasaan aneh tersebut, masih ada hal yang bocah kecil itu syukuri. Neneknya tidak pernah menyuruhnya meminum minyak kelapa kesayangan si nenek tersebut. Beberapa kali bocah itu sering memperhatikan kalau si nenek selalu rutin mengkonsumsi beberapa sendok minyak kelapa setiap hari. Dia membayangkan alangkah tersiksanya jika dia dipaksa juga untuk meminum minyak tersebut.

***

Dua puluh tahun kemudian.

Saat ini bocah kecil itu telah tumbuh dewasa. Perkembangan teknologi informasi telah membantunya untuk memahami salah satu rasa penasarannya tentang kebiasaan yang dilakukan si nenek kepadanya. Ada apa dengan minyak kelapa?

Beberapa tahun terakhir ini booming minyak kelapa murni mewabah di berbagai penjuru dunia. Melalui berbagai media bocah itu bisa menemukan fakta bahwa minyak kelapa murni, atau istilah populernya virgin coconut oil, memiliki berbagai khasiat yang sangat dahsyat. Minyak kelapa murni ini ternyata bisa membantu proses penyembuhan berbagai macam penyakit secara cepat. Demikian pula dalam hal menjaga kecantikan. Ia bisa digunakan untuk menjaga kecantikan kulit dan rambut laksana kosmetik dengan harga selangit.

Tahulah ia mengapa neneknya selalu mengusapkan minyak kelapa ke rambutnya. Ingatannya kembali menerawang, sempat beberapa kali ibu-ibu di kompleknya atau pun teman ngerumpi ibunya memuji betapa lebat dan hitamnya rambut yang dimilikinya. Dulu dia tidak terlalu peduli, karena pikirnya mungkin itu karena memang menurun dari keluarganya.

Kini bocah itu mengetahui rahasia mengapa sampai saat ini neneknya masih saja bugar meskipun telah berusia lanjut. Untuk ukuran usia 78 tahun, neneknya boleh dibilang sangat bugar; masih sehat jalan tanpa alat bantu, masih bisa melihat jelas tanpa bantuan kacamata, serta memiliki rambut yang lebat meskipun sebagian telah memutih, dan yang pasti sangat jarang menderita sakit. Mungkin salah satu rahasianya adalah karena rajin mengkonsumsi minyak kelapa murni tersebut.

***

Produk yang memiliki banyak khasiat (sumber: herbabagoes)

Kisah diatas adalah sekelumit cerita perkenalan saya dengan minyak kelapa murni. Pengalaman masa kecil yang membawa rasa penasaran ternyata membuat saya mengekspor lebih jauh informasi tentang minyak kelapa murni ini. Beruntung, kemajuan internet membuat informasi menjadi mudah didapat. Dari internetlah saya bisa mendapatkan berbagai informasi seputar minyak kelapa.

Dahulu saya memiliki persepsi yang salah tentang minyak kelapa ini. Sebagaimana lazimnya minyak goreng yang banyak beredar dipasaran, saya beranggapan minyak kelapa ini sumber masalah. Banyak mengandung lemak, kolesterol dan kandungan jahat lainnya yang bisa memicu timbulnya penyakit. Ternyata anggapan saya tersebut keliru, karena minyak kelapa murni ini mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Minyak kelapa murni ini memang mengandung asam lemak, namun asam lemak ini justru termasuk asam lemak yang baik, yang bermanfaat bagi tubuh. Itulah sebabnya mengapa khasiatnya sangat dahsyat.

Pikiran saya menerawang jauh. Harusnya masyarakat Indonesia bisa lebih meningkat tingkat kesehatannya. Harusnya biaya pengobatan penyakit bisa ditekan dengan penggunaan minyak kelapa ini sebagai alternative pengobatan bagi masyarakat. Kita bisa menemukan kelapa dengan mudah diseluruh wilayah Indonesia. Dengan mudah kelapa bisa tumbuh subur di negeri ini. Stok bahan baku sangat berlimpah di negeri ini. Sayangnya informasi keajaiban kelapa ini belum menyebar luas di negara ini. Justru mereka yang berasal dari Amerika, Eropa dan Jepang yang menyadari berbagai kegunaan kelapa. Boleh dibilang kelapa sudah dianggap sebagai ‘tree of life’ karena penggunaannya yang luas untuk berbagai produk makanan maupun kosmetik.

Pada titik ini saya menemukan Herba Bagoes, sebuah perusahaan yang memproduksi minyak kelapa murni. Salah satu misi mereka adalah mengedukasi masyarakat tentang kegunaan dari minyak kelapa murni ini serta menghapuskan mitos sesat tentang minyak kelapa murni. Mereka berkomitmen untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah di negeri sendiri dalam penggunaan minyak kelapa ini. Suatu hal yang logis, mengingat kita adalah salah satu produsen kelapa terbesar di dunia.

Menariknya lagi, komitmen ini diperlihatkan oleh mereka dengan melibatkan masyarakat dalam budidaya kelapa sebagai bahan bakunya. Herba Bagoes menggandeng petani kelapa dari berbagai daerah di Indonesia untuk memasok bahan bakunya. Syaratnya, petani tidak boleh menggunakan pupuk kimia dalam proses budidaya kelapa mereka. Bagi saya hal Ini mencerminkan sebuah visi yang tidak hanya berusaha meningkatkan taraf hidup petani, tetapi juga bagaimana usaha mereka dalam menjaga kelestarian lingkungan. Lebih jauh, Yang saya tahu proses organik (tanpa bahan kimia) ini bukannya pada proses pemilihan bahan baku saja, akan tetapi dalam proses produksinya pun mereka memang tanpa menggunakan bahan kimia. Artinya, produknya aman dan bebas dari bahan kimia.

Tentu saya berharap agar usaha mereka bisa berbuah positif. Artinya makin banyak masyarakat yang mulai melek terhadap khasiat minyak kelapa murni ini. Potesinya sendiri memang sudah ada. Kisah nenek saya diatas menunjukkan sebenarnya pengetahuan khasiat minyak kelapa sudah dimiliki sejak dahulu oleh masyarakat Indonesia. Saya yakin nenek saya mengetahui kegunaan minyak kelapa ini berasal dari pendahulunya. Namun, entah kenapa sepertinya terdapat missing link informasi mengenai hal ini untuk generasi kita saat ini. Disinilah peran Herba Bagoes sangat diperlukan. Semoga saja misi mereka bisa terwujud.

 

2 thoughts on “Mengurai Keajaiban Minyak Kelapa Murni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *