Menikmati Pertunjukan Kagura Dance

Ini adalah cerita lama,..maksudnya saya bikin tulisan ini tentang pengalaman saya menyaksikan seni pertunjukan tari Kagura di Takachio beberapa waktu yang lalu,..kalau tidak salah pas bulan Februari 2014 kemarin deh. Hmmm,..cukup lama juga ya.

Saya sendiri sebenarnya tidak bisa mendapatkan informasi yang banyak soal kagura dance ini. Yang jelas ini adalah seni pertunjukkan tentang sejarahnya dewa dewi bangsa jepang. Cerita rakyat ini sebenarnya gak beda jauh dengan cerita di negeri kita. Pun demikian juga dengan seni pertunjukkannnya, lebih mirip sendratari wayang dengan latar cerita rakyat. Beda nya ini di Jepang.

Ceritanya sendiri terdiri dari beberapa plot cerita. Selain cerita tentang pendirian negeri Jepang, biasanya cerita kagura juga dihubungkan dengan cerita tentang sejarah suatu daerah. Lagi-lagi ini mirip kayak di Indonesia, misal cerita gunung tangkuban perahu, cerita candi prambadan dll. Uniknya, tokohnya disini adalah dewa dan dewi bangsa Jepang. Di pertunjukkan yang saya tonton, dikisahkan tentang bagaimana asal muasal Takachiho, tempat dimana saya menonton pertunjukkan ini. Tapi disini saya tidak akan bercerita tentang ceritanya seperti apa,…karena saya sendiri lupa detailnya, hehehe…saya cuma mau cerita soal suasana nya saja,hehe.

Satu hal yang menarik adalah soal penontonnya. Mereka begitu asyik menyimak jalannya pertunjukkan dengan serius, gak banyak ngomong dengan sesama temannya, baik itu orang tua maupun anak muda. Meskipun dari hasil ngobrol sebelumnya dengan teman jepang saya, ketika ditanya soal kagura, dia sendiri tidak tahu dan sepertinya tidak tertarik. Hmmm,..jadi ada kemungkinan dia menyimak karena mungkin dia menghormati jalannya pertunjukkan saja. Yaa, saya sendiri maklum kalo mereka sangat sopan. Ini mungkin salah satu contohnya :  DSC_3065 - âRâsü[

 

Sementara, teman-teman mahasiswa asing lebih sibuk jepret-jepret (termasuk Saya , hehe):

DSC_3095 - âRâsü[ DSC_3087 - âRâsü[ DSC_3062 - âRâsü[

Ups, jangan salah, biarpun kita gak ngerti jalan ceritanya (well, ngomongnya pake bahasa jepang, sementara kemampuan kita paspasan bangetttt), tapi jangan salah, ada juga temen-temen yang menyimak atau pura-pura serius menyimak karena ketularan penonton lainnya, hehehe..
DSC_3098 - âRâsü[

DSC_3063 - âRâsü[DSC_3064 - âRâsü[

Demikian reportase asal-asalan nya. hehehe…see u

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *