Menjajal Performa Kamera OPPO Find X bareng Kaskus

Menjajal Ketangguhan OPPO Find X

Apa sih kriteria handpone yang bagus itu? Buat saya yang sering main outdoor dan  terhitung seorang sosial media freak, saya bakalan menjawab pertanyaan tersebut dengan dua kriteria: tahan banting dan kameranya mampu menangkap gambar sejernih aslinya. Kriteria ini saya dapatkan pada produk flagship terbaru dari Oppo, yaitu OPPO Find X.

Saya sebenarnya gak begitu ngerti soal spesifikasi gadget, termasuk handphone. Jujur saya, sebenarnya saya nih terhitung gaptek dan males ngulik. Apalagi soal produk IT, saya gak mau dipusingkan dengan istilah-istilah IT yang ngejelimet. Saya mah tahunya hanya soal-soal yang praktis saja.

Biarpun begitu soal menggunakan handphone, tentu saja saya maunya update dengan teknologi terkini. Seperti saya sebut diatas, selain buat keperluan komunikasi, saya butuh handphone yang memiliki kamera yang canggih, serta tahan banting.

Kenapa perlu kamera handphone yang canggih? Come on, sebagai anak milenial, saya senang update foto di social media.  Saya butuh perangkat yang bisa menghasilkan gambar yang jernih, cerah dan sesuai aslinya. Bahkan kalau bisa mah mengkoreksi sedikit jerawat dan flek-flek hitam di wajah, biar kinclong. Kenapa gak pake  kamera DSLR atau mirrorless aja? Ah, terlalu ribet, saya butuh yang praktis, yang sudah satu bundle dengan alat komunikasi saya.

Kenapa harus tahan banting? Saya ini terhitung orang yang ceroboh. Seringkali hape saya jatuh dan terbanting ke lantai. Hape yang saat ini saya pakai pun sudah retak dan banyak goresan. Gak cakep kalau dilihat orang. Udah kepikiran sih buat ganti, makanya mau cari handphone yang punya dua kriteria utama tersebut.

Makanya ketika ada tawaran untuk ikutan menjajal hape OPPO Find X pada acara “Kaskus The Lounge With Oppo Find X” pada hari Sabtu, 12 Juli 2018 lalu di Bandung, saya langsung mengiyakan untuk ikut hadir. Yaa, siapa tahu bisa jadi referensi buat ganti hape.

Tiket Buat Menjajal OPPO Find X

Btw, saya sendiri sudah tahu banget soal kehandalan OPPO dengan fitur kameranya. Istri saya, hapenya pake OPPO Type A71 dan kualitas kameranya asli jernih banget. Beda sama hape yang saya pakai pokoknya.

Bertempat di Saffron Restaurant Hotel Four Points Bandung, acara ini berlangsung meriah. Setidaknya ada 100 undangan yang hadir pada kegiatan ini, termasuk blogger Bandung dan Agan Sista Kaskusers. Selain menghadirkan narasumber yang oke, acara ini dikemas juga dengan games seputar produk OPPO Find X.

Tiga Narasumber yang menerangkan kecanggihan perangkat OPPO Find X

Kaskus menghadirkan 3 orang narasumber; ada Ario Medianto dari OPPO Indonesia, Nadia Soekarno, jurnalis NetTV dan Aditya Wasa dari Droindlime yang sering bikin review gadget di Youtube. Dari mereka saya banyak tahu soal produk OPPO Find X ini. Dari awal obrolan, Ario Medianto menekankan soal keunggulan kamera produk flagship OPPO ini serta tentu saja ketangguhannya.

Yang paling asyik tentu saja saat saya diberi kesempatan buat menjajal produk ini. OPPO sendiri sepertinya menekankan para undangan buat menjajal fitur kameranya. Games yang diberikan juga lebih banyak berkutat seputar bagaimana menggunakan kamera hape ini.

Tunggu sebelum saya ceritain pengalaman ngejajal OPPO Find X ini, saya kasih tahu dulu spesifikasinya. Biarpun banyak gak ngertinya, Yaa masa review gadget tanpa ngasih tahu spesifikasi detailnya? Hambar dong. Kalian bisa lihat detailnya berikut ini:

Spesifikasi OPPO Find X

Apa Bagusnya OPPO Find X?

Elegan, begitulah kesan pertama ketika melihat dan menggenggam OPPO Find X. dengan dimensi 6.42 inchi yang pas digenggam, ponsel ini berbalut material Gorilla Glass disemua sisinya berpadu warna yang bisa berubah-ubah tergantung paparan cahaya disekitar kita. Iya, warnanya bisa berubah-ubah tergantung sudut pandang kita melihatnya dari mana. Ada gradasi warna di sisi seputar handphone ini.

Begini Penampakan OPPO Find X

Saya sempat berbeda pendapat soal ini dengan teman blogger, saat saya bilang ungu, teman saya bilang biru, merah, ada lagi yang bilang hitam. Soal warna yang berubah-ubah ini, ternyata memang menjadi fitur yang sengaja disematkan OPPO ke produk terbarunya ini.  Resminya, OPPO menyematkan 2 warna untuk produk flagship ini, Bordeaux Red dan Glacier Blue.

Secara sekilas,desain tampilannya mirip dengan handphone flagship produk tetangga dari negeri ginseng. Tapi kalau diperhatikan lebih detail, ia memiliki pembeda yang bisa diunggulkan. Apa? Posisi camera belakang yang disematkan secara sembunyi secara ‘pop up’ membuatnya lebih elegan. Yap, saya sempat terkecoh lugu ketika mengamati tampilan Find X secara sekilas.

Dimana posisi kamera belakangnya? Ternyata si OPPO Find X nyempil dibagian belakang. Ia akan bergeser ke atas ketika kita menekan tombol kamera di layar sentuh. Demikian pula sebaliknya, si kamera akan bersembunyi begitu kita mematikan fitur kamera di handphone ini. Sliding laah istilahnya. Asyik kan? Soal sliding tutup bukanya, hape ini dijamin mampu tahan tutup buka selama 300.000 kali dalam sehari. Nah lho…

Oh ya, fitur sliding camera ini ternyata berfungsi untuk melindungi kamera dari kerusakan. Ini jadi satu fitur tahan banting yang saya cari. Btw, mas Ario sempat ditantang salah seorang sista Kaskus buat memperlihatkan ketangguhan hape ini. Tak tanggung-tanggung dong, mas Ario langsung ngebanting si Find X ke lantai. Semua menjerit histeris,…. Sayanglaah hape mahal harus dibating. Hasilnya? Tak terjadi cacat apapun pada hape ini.

Setelah mas Ario membanting nih hape, dalam hati saya langsung yakin kalau OPPO Find X adalah hape yang saya cari buat mengganti hape lawas yang kini saya pakai. Suer, gw mah bakal beli nih hape!!

OPPO menyebut teknologi kamera pada hape ini sebagai Stealth 3D Camera. Yap, bukan hanya kamera tersembunyi yang disematkan disini, tapi juga fitur kamera keren ada didalamnya. Sebut saja, untuk kamera depan, OPPO membenamkan resolusi 24 MP, sementara kamera belakang dibenamkan dual camera dengan resolusi 20 MP dan 16 MP. Dengan kualitas piksel tersebut, bisa jadi jaminan kualitas gambar yang dihasilkan.

OPPO sepertinya tahu fitur apa saja yang harus disematkan pada kamera mereka. Well, buat yang mau alay-alayan ada sticker, beragam filter, bahkan bisa bikin file GIF yang lagi ngetren. Top laah. Saya bareng teman-teman satu meja sempat mencoba berpoto dengan fitur stiker ini, baik selfie maupun barengan. Hasilnya? Kecenya kebangetan!!! Saya yang aslinya rada-rada item dan banyak flek diwajah jadi terlihat mulus. Biar begitu, hasilnya terlihat natural, tak seperti hasil editan yang malah terasa aneh. Nice!!

In a nut shell, kalau kamu tertarik buat memboyong hape ini ke genggaman kamu, siapin aja duit yang banyak di kocek kamu. Emang berapa sih harganya? OPPO Find X dibanderol 12,9 juta rupiah. Mahal? relatif sih. Buat aku, dengan segala kecanggihan yang disematkan OPPO pada produk Flagship ini, rasanya harga segitu mah wajar aja.

Kalau gak punya duit? nabung dulu gih …

Hasil Jepretan OPPO Find X saat berfoto bareng. See, muka gue jadi kinclong gituh …
Boleh dong selfie alay-alay pake sticker gini,…
Ah, bingung mau ngomong apa? …

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *