Nulis Apa?

Categories Kelas Menulis

 

Sejak awal menulis di blog, saya sudah menyadari kalau saya ini cocoknya nulis non-fiksi. Kalau gak percaya, silahkan telusuri blog ini, atau akun kompasiana saya (www.komapsiana.com/ujangkosim), taka da satupun dari sekumpulan tulisan saya tersebut yang bergenre fiksi. Bukan gak pernah coba, tapi memang gak bisa dan gak nyaman membuatnya.

Setelah melewati sekian tahun dan menghasilkan sekian artikel, pada akhirnya saya menyadari kalau tulisan saya lebih banyak membahas soal kebijakan publik, review produk (termasuk buku), serta traveling (pengalaman). Ada beberapa alasan mengapa tulisan saya kebanyakan bermain di tiga tema tersebut.

Untuk tema kebijakan publik, ini mungkin dilatarbelakangi oleh pekerjaan saya sebagai karyawan plat merah. Sebagai pegawai pemerintahan, saya senantiasa berkutat dengan hal-hal yang berhubungan dengan kebiijakan publik. Karena itu, ketika saya ingin mengkritisi suatu kebijakan secara casual, blog menjadi ruang bagi saya untuk menuliskannya. Lewat tulisan saya di blog, saya ingin pembaca saya juga memahami apa dan bagaimana sebuah kebijakan publik yang saya bahas, dengan Bahasa yang bisa mereka mengerti.

Penulisan review produk, termasuk resensi buku, tak lain karena saya sering ikutan blog competition. Yap, bukan masalah hadiahnya yang dikejar, tapi ada keinginan untuk mengukur sebagus apa tulisan saya. Saya berpikir, jika menang tentu saya tulisan saya berkualitas. Iya kan? kalau gak menang, maka saya akan cari tahu dimana kekurangannya dibanding tulisan sang juara.

Oh ya, kalau untuk resensi buku, ini sih lebih karena saya senang membaca buku. Menulis resensi buku itu serupa paraphrase, menceritakan kembali isi buku dengan Bahasa saya. Saya ingin berbagi dengan pembaca blog saya soal insight apa yang saya dapatkan dari buku yang saya baca tersebut. Syukur-syukur mereka tertarik untuk juga membaca dan membeli bukunya.

Terakhir, soal tema traveling, ini sih pada dasarnya karena saya juga senang jalan-jalan. Bukankah sekarang sedang nge-trend travel blogger? Saya sering terkesan dengan tulisan-tulisan mereka. dari sini kemudian saya juga menuliskan tema traveling dalam tulisan-tulisan saya. Btw, sebelum ngeblog, artikel pertama saya yang dimuat di koran daerah (Pikiran Rakyat) adalah tulisan tentang traveling lho.

Sebagai penutup, ini saya kasih sedikit foto satu tulisan saya yang dimuat di koran tersebut. Kalau mau baca, dizoom aja gambarnya, semoga masih jelas terbaca.

Yuk, nulis!

 

4 thoughts on “Nulis Apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *