Tak ada salju di Miyazaki

Banyak teman-teman di Indonesia yang menanyakan sedang musim apa di Jepang saat ini? ketika saya jawab disini sedang musim dingin, kembali mereka bertanya,”Wah, main salju dong?’ Menjawab pertanyaan seperti ini saya hanya tersenyum saja. Tak ada salju di Miyazaki teman, yang ada hanya dingin dan angin kencang.

Menurut beberapa senpai (senior) yang sudah tinggal di Miyazaki lebih lama, memang tidak pernah ada salju di sini, sangat jarang terjadi katanya. kalau pun suhunya ekstrim, salju paling hanya turun sebentar, sehabis itu menguap begitu saja, yang paling sering hanyalah butiran air yang mengembun menjadi es dan itu pun relatif jarang.

Fakta ini sebenarnya tidaklah mengherankan jika kita melihat letak geografis Miyazaki itu sendiri. Kalau anda mencari letak kota Miyazaki dalam peta Jepang, maka anda akan menemukan Miyazaki terletak di daerah selatan Jepang, tepatnya di pulau Kyushu. Kondisinya lebih mendekati iklim tropis dan terkenal sebagai salah satu kita dengan intensitas sinar matahari yang paling tinggi di Jepang. Dengan karakteristik seperti itu, maka salju relatif jarang turun di kota ini. Sepertinya butuh sedikit keberuntungan untuk berharap salju turun di Miyazaki.

Peta Lokasi Kota Miyazaki

Akan tetapi, tetap saja yang namanya musim dingin suhu disini menunjukkan bilangan angka yang sedikit, bisa berkisar antara 0 sampai 10 derajat. Pengalaman saya, belum pernah tuh suhu mencapai angka minus-minusan. Paling banter 0 derajat celcius. Contohnya saja hari ini, saat bangun pagi kok terasa dingin banget yaa…begitu di cek dari aplikasi weather, ternyata benar,..0 derajat broooo.

photo 1

Cek status teman-teman di media sosial, ada yang posting soal ‘es’ di mobilnya :

photo 2 (1)

Bicara soal kondisi cuaca di sini, ¬†saya termasuk salah satu orang yang bersyukur bisa kuliah di daerah yang tidak terlalu ekstrim cuacanya. Maksudnya dibandingkan dengan lokasi asal saya. Di Indonesia saya tinggal di daerah yang relatif panas, jadi tidak begitu tahan dengan cuaca dingin. Segini aja sudah cukup merepotkan,…perlu jaket tebal, long jhon,..kulit pecah-pecah dsb. Mungkin yang sedikit saya keluhkan adalah angin kencang yang senantiasa berhembus sepanjang hari. Brrr,..dinginnnn

Begitulah cuaca di Miyazaki, jadi tidak ada cerita soal salju dalam episode kehidupan saya di sini, tidak ada postingan foto-foto bermain salju dalam fesbuk saya,…hehe. Sekian sodara-sodara,..terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *