Tentang Target Pembaca

Categories Kelas Menulis

Ketika pertama kali menulis suatu artikel, saya tak pernah mentargetkan pembaca dalam segmen tertentu, baik segmen secara gender, usia, profesi maupun segmentasi lainnya. Hanya hanya berusaha agar pesan yang ingin saya sampaikan melalui tulisan saya tersebut bisa ditangkap pembaca. Siapa pun itu…

Bagaimana pun ketika saya membuat suatu tulisan, inginnya mah dibaca oleh semua kalangan. Semakin banyak yang membaca tentu saja akan semakin banyak kebermanfaatan dari karya tulis yang saya buat. Bukan begitu? Itu sebabnya saya banyak memposting tulisan saya di blog keroyokan, Kompasiana. Disana ada beragam segmentasi pembaca yang membaur jadi satu, sehingga saya mudah menangkap semua jenis pembaca tanpa perlu melihat segmentasi mereka.

Akan tetapi, kalau boleh menganalisa sendiri terhadap sekian tulisan yang sudah saya publish, saya bisa mengukur dan menilai sendiri siapa sebenarnya pembaca yang saya targetkan, meskipun seperti dibilang diatas,  awalnya tak pernah menargetkan untuk dibaca segmen tertentu.

Patut saya akui ternyata gaya menulis, emosi, dan pemilihan tema tulisan yang sering ditulis akan berpengaruh terhadap segmentasi tulisan. Secara tak sadar tulisan yang kita buat akan menuliskan  jalannya sendiri, mungkin serupa takdir yang memilih dia ingin dibaca oleh siapa.

saya coba amelakukan riset sederhana terhadap tulisan-tulisan yang sudah saya buat. Saya coba menelusuri ciri-ciri pembaca tulisan saya. Maka setelah saya amati dari beragam komen yang masuk di artikel yang saya posting di blog, saya bisa menebak siapa saja dan segmen mana yang memberi perhatian pada artikel atau tulisan yang saya buat.

Hasil riset sederhana tersebut menunjukkan bahwa segmen pembaca saya tak jauh-jauh dari usia saya. Pembaca saya ada di rentang usia 25-40 tahunan.

Saya sih menebak mereka yang membaca tulisan saya adalah mereka yang memiliki minat yang sama dengan saya, sudah berada pada tingkat kedewasaan yang sama (bukan anak alay…hehe) dan tentu saja nyaman dengan gaya Bahasa yang saya gunakan. Ah, tapi bisa saja asumsi saya ini keliru. Namanya juga asal menganalisa,… suka-suka aja!!

Btw, saya pernah juga sih menulis dengan target pembaca tertentu. Misal, tulisan dibawah ini sudah jelas targetnya adalah pehobi sepeda.

Target Tulisan Ini Sih Jelas, Mereka Yang Hobi Bersepeda (Sumebr: dokpri)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *