4 Tips Biar Tetap Fit hadapi Covid

4 Tips Biar Tetap Fit  hadapi Covid

Dua tahun terakhir ini dunia menghadapi pandemi Covid-19 yang membuat kita menjadi harus lebih care terhadap kesehatan kita. Tak ada yang menyangka jika kondisi global seperti ini bakan berkepanjangan. Mau Tak mau kita harus merubah gaya hidup kita.

Di awal pandemi, saya merasakan betul bagaimana susahnya menghadapi serangan virus ini. Kita dihadapi ketidakpastian. Beragam cara dilakukan untuk meredam penyebaran pandemi ini. Social distancing, mengurangi mobilitas, menggunakan masker dan handsanitizer adalah beberapa langkah yang diterapkan pemerintah.

Saya termasuk salah satu penyintas covid-19. Padahal aturan prokes tersebut sudah saya jalankan secara ketat. Apa daya, akhirnya kena juga.

Bagi saya kondisi tumbang karena Covid begitu menyesakkan. Mendengar¬† tetangga, teman, bahkan keluarga positif rasanya membuat sempat merasa “horor” jadinya. Tak dinyana saya sendiri malah sempat kena juga. Dinyatakan positif membuat saya harus melakukan isoman di rumah. Pada akhirnya bukan cuma saya yang kena , istri dan anak ikut merana juga.

Isoman di rumah bukan sesuatu yang menyenangkan pastinya. Biasa beraktivitas bebas, kemudian dipaksa di rumah saja itu rasanya terpenjara.

Banyak kerjaan yang jadi terbengkalai, dan banyak janji yang terpaksa di batalkan. Diam di rumah buat orang yang tak bisa diam seperti saya tentu bikin merana.

Belajar dari pengalaman itu, kini saya menjaga betul kondisi badan agar tidak sampai terinfeksi covid untuk kedua kali.

Saya mencoba pendekatan untuk melawan covid bukan hanya secara fisik, tapi juga psikis. Dari beberapa literatur yang saya baca, mindset supaya tetap happy

Agar bisa terhindar dari covid inilah yang saya lakukan hal- hal berikut

1.Berusaha Membuat hati bahagia

Mengingat  aktivitas saya begitu padat. Senin sampai jumat sih ya sebenarnya standar seperti yang lain jadi “pengabdi pekerjaan” maka kalau sabtu dan minggu, saya biasanya  jalan-jalan keluar .

Ya kepenatan aktivitas harian kan harus diseimbangkan. Kalau jalan-jalan ke Mall doang sih ga seru karena biasanya demi menemani nyonya dan buah hati doang. Itu kegiatan biasa tapi bikin sport jantung karena mengancam penghuni dompet sebenarnya.

Melakukan  traveling ke luar kota biasa saya jadwalkan. Nyaris setiap weekend saya  melakukan kunjungan ke luar kota deh pokoknya. 

Kalaupun sampai tidak,  itu biasanya semata  alasan tiba, tapi keuangan sudah kritis lah yang menahan pergi.

Kalau habis jalan-jalan gitu meskipun minggu malam saat tiba di rumah ada lelah mendera namun hati senang karena mendapatkan suntikan mood untuk kembali bekerja di hari Senin. Asal istirahat cukup, udah deh senin pergi bekerja dengan hati riang.

Kebahagiaan hati menurut saya menjadi salah satu hal wajib dalam badai covid. Melakukan perjalanan dengan keluarga tercinta bisa meningkatkan efek bahagia.

 Hati bahagia bisa meningkatkan imun pastinya. Jika Imun terjaga maka virus covid tak mudah menyapa.

2. Rajin Berolahraga

Selain menjaga agar hati bahagia lewat traveling, saya pun menjaga badan dengan berolahraga. Paling tidak kalau pagi jalan-jalan kecil di seputaran komplek sepulang shalat subuh dari masjid.

Sebenarnya berjalan tanpa henti selama 15-30 menit per hari bisa mengubah penampilan dan membuat tubuh tambah sehat loh!

Berolahraga menjadi cara terbaik membuat badan tetap fit (sumber: dokpri)

Jika tak ada rencana ke luar kota ,ya minimal Sabtu atau Minggu sore jogging jadi pilihan.  Selain baik untuk tubuh ,olahraga juga bisa mengurangi tumpukan lemak yang akhir-akhir ini makin eksis saja. Di tempat liburan pun tetap olah raga jadi rutinitas di pagi hari

2. Menjaga Asupan Makanan

Tidak hanya berolahraga, untuk menjaga kondisi badan fit,  dalam hal asupan makanan pun harus saya jaga. 

Usia sudah tambah angka membuat saya ga bisa lagi makan asal hajar saja. Keseimbangan nutrisinya harus diperhatikan. Komposisi karbohidrat, protein, dan vitamin dari sayur dan buah jadi menu andalan.

3. Melakukan Istirahat yang cukup

Tidur menjadi pilihan jitu untuk mengatasi kelelahan. Tidur secara teratur dan menghindari kebiasaan begadang wajib dilakukan agar tubuh sehat. Saat tidur tubuh kita mencharge diri. Tidur cukup akan membuat badan segar saat bangun di pagi hari.

Menjaga istirahat yang cukup menjadi salah satu tips tetap fit selama pandemi

4. Mengonsumsi vitamin

Satu hal lagi yang wajib dilakukan agar badan tetap fit adalah mengonsumsi vitamin. Vitamin menjadi tameng serangan si covid. 

Untuk vitamin , saya betul-betul selektif, kenapa? Karena vitamin yang saya konsumsi harus mampu berfungsi sebagai anti oksidan dan menjaga daya tahan tubuh.

Ketika terserang covid, saya ingat bagaimana mencari vitamin isoman yang bagus, mampu meningkatkan imun tubuh sehingga mempercepat masa penyembuhan.

Bagi saya, vitamin isoman bukan hanya dibutuhkan pada masa penyembuhan covid, tetapi juga untuk menjalani aktivitas harian di masa pandemi masih merajalela seperti ini.

Alhamdulillah, dengan menerapkan 4 tips tersebut, setidaknya selepas terkena covid-19 kemarin, sampai kini saya merasakan badan yang fit dan bugar.

Sehat-sehat yaa teman!

Ofi Gumelar

8 thoughts on “4 Tips Biar Tetap Fit hadapi Covid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *