Cari tahu Kenapa RaksaOnline Pilihan Terbaik Untuk Asuransi Mobil Kita

Memberikan perlindungan asuransi pada kendaraan pribadi sama pentingnya dengan perlindungan bagi diri sendiri. Sayangnya walaupun terasa penting, tak banyak orang yang mau mengambil polis asuransi kendaraan. Dulu, saya termasuk salah satu diantaranya, hingga sebuah kejadian menyadarkan pentingnya proteksi asuransi kendaraan ini.

Tahun 2010 tercatat sebagai tahun bersejarah bagi saya. Ini adalah kali pertama saya bisa membeli mobil. Ya, kebutuhan mobilitas keluarga kecil saya menuntut sarana transportasi yang nyaman dan memadai.

Sedari awal pihak dealer sudah menawarkan untuk mengambil asuransi perlindungan bagi mobil yang saya beli, tapi saya tolak. Biarpun saya sudah mengerti benefit yang ditawarkan dengan mengambil asuransi mobil tersebut, saya tak tergoda untuk mengajukan polis.

Kenapa saya tak tertarik mengambil asuransi? Asalannya klise. Pertama, preminya terasa berat di kantong. Saya ini orangnya memang sedikit nekat, urusan perbaikan dan kerusakan biar gimana nanti saja. Kumaha engke…begitu kata orang sunda mah. Kedua, saya sering mendapati keluhan teman yang jengkel ketika klaim asuransi mobil mereka. Prosesnya lama, berbelit-belit dan banyak urusan administrasi yang tak kunjung selesai. Makin kuat saja alasan buat saya menolak mengambil asuransi bagi mobil saya.

Keputusan tak mengambil asuransi ternyata harus berujung penyesalan berkepanjangan bagi saya.

Ya, hampir setelah delapan bulan wara wiri menggunakan mobil baru, sebuah kecelakaan tak terduga menghampiri. Tabrakan lumayan keras dengan angkutan kota (angkot) membuat bagian depan mobil saya ringsek habis, hampir tak terlihat bentuk aslinya.

Saya kelimpungan, bukan saja soal biaya bengkel untuk  perbaikan dan penggantian komponen dan suku cadang mobil sendiri, tapi juga harus berbagi biaya perbaikan mobil angkutan kota yang saya tabrak. Tahu sendiri, kalau bersinggungan dengan angkot, benar gak benar tetap saja kena imbas harus mengganti.

Perlu waktu hampir satu tahun mobil saya “menginap” di bengkel, apalagi kalau bukan karena biaya yang harus ditanggung? Ya, perbaikan yang dilakukan akhirnya harus dicicil sesuai dengan budget keuangan yang saya punya. Tahu sendiri lah, penghasilan seorang PNS mah berapa atuh….

Ah, andai saja saya mengambil asuransi mobil, tentu kejadiannya tak perlu seperti ini. Penyesalan memang datangnya terlambat,…saya kapok. Sejak kejadian ini saya meniatkan diri untuk menyediakan perlindungan asuransi bagi mobil saya.

Soal premi yang terasa berat, ini mah harus dipaksakan. Solusinya simple sebenarnya, saya bisa menabung per bulan untuk membayar premi yang jatuhnya tahunan. Sementara soal banyaknya keluhan tentang klaim asuransi yang ribet, ini membuat saya harus lebih selektif memilih perusahaan asuransi mobil yang terpercaya.

Pertanyaannya, adakah perusahaan asuransi kendaraan bermotor yang pelayanannya cepat, bebas ribet dan responnya cepat terhadap klaim costumer?

===

When you need the protection and don’t know what to do

When you wish for peace of mind and don’t know where to find

Let me tell you a simple way that can save your day

Just call… RaksaOnline, we are there for you

RaksaOnline, you’ll find peace of mind

 

Lagu berbahasa inggris diatas mengalun dengan syahdu begitu saya membuka website raksaonline.com. Iramanya yang mendayu ditingkahi suara perempuan yang merdu, entah kenapa membawa efek rileks. Jarang-jarang saya mendapati situs perusahaan sejenis yang menyajikan welcoming song diawal membuka website mereka. Nice…

Ngapain saya buka website raksaonline.com? Saya penasaran ingin tahu lebih banyak soal perusahaan asuransi yang diganjar penghargaan sebagai asuransi umum berpredikat “sangat baik” dari Infobank pada tahun 2016 lalu. Sementara itu di tahun yang sama Warta ekonomi memberi penghargaan pada RaksaOnline sebagai Best Financial Performance kategori Company Asset more than Rp.1.5-2.5 Trillion. Dari begitu banyak perusahaan asuransi sejenis, mengapa RaksaOnline yang mendapat penghargaan tersebut? Apa sih kelebihannya?

Bukan tanpa sengaja saya mengenal RaksaOnline. Kalau saja saya tidak mengikuti kelas blogger ke-17 pada hari Rabu tanggal 18 Oktober 2017 lalu, saya mungkin tak akan ngeh pada RaksaOnline.

Suasana Kelas Blogger Ke-17 di Kantor RaksaOnline (Sumber: Dokpri)

Acara kelas blogger ke 17 kemarin memang diselenggarakan oleh kelas blogger bekerja sama dengan perusahaan RaksaOnline dan lokasi acaranya pun bertempat di kantor  pusat mereka. Otomatis saya jadi banyak tahu soal perusahaan ini. Selain memang diberikan briefing singkat oleh Miss Raksa, kami juga diajak berkeliling mengenal fasilitas dan pelayanan perusahaan ini.

Sebenarnya hari itu saya bela-belain datang ke acara kelas blogger untuk belajar reportase on the spot dari blogger senior, Gapey Sandy. Kesempatan langka untuk belajar dari beliau tak akan saya sia-siakan. Satu poin penting yang saya catat dari penjelasan om Gapey adalah bahwa reportase itu harus menggunakan semua panca indera kita untuk dapat melihat dan merekam apa yang kita liput. Hmm,…soal ini terkadang saya memang masih keteteran.

Om Gapey sedang menyampaikan materi seputar Reportase on The Spot (Sumber: Dokpri)

Baiklah, saya coba memeras otak untuk menuangkan ilmu dari blogger yang langganan juara blog competition ini dan menerapkannya dalam investigasi saya mencari tahu apa kelebihan RaksaOnline ini. Kebetulan, hari itu akses untuk membongkar dapur perusahaan asuransi kendaraan ini terbuka lebar.

Nah, setelah seharian ‘meliput’ seputar fasilitas dan layanan ReksaOnline di kantornya langsung ini, saya punya beberapa catatan mengapa RaksaOnline terbilang perusahaan asuransi mobil terbaik di Indonesia. Mau tahu? Berikut catatan saya.

Infografis 5 Keunggulan RaksaOnline (Sumber: Dokpri)

Pertama, RaksaOnline tergolong perusahaan asuransi terpercaya. PT. Asuransi Raksa Pratikara (pemilih RaksaOnline) telah berdiri sejak tahun 1975. Artinya perusahaan ini sudah berpengalaman puluhan tahun dalam menangani klaim-klaim pelanggannya. Jika saja pelayanan mereka jelek, saya pikir tak mungkin mereka bisa bertahan sekian lama sampai saat ini. Bagi saya, ukuran berapa lama mereka berbisnis di asuransi menjadi salah satu parameter dalam memilih ke mana saya akan mempercayakan proteksi kendaraans saya.

Soal kepercayaan costumer, fakta peningkatan jumlah pelanggan RaksaOnline bisa jadi buktinya.  Sekedar menyebut data, pada tahun awal diluncurkannya RaksaOnline pada tahun 2012,  RaksaOnline hanya memiliki konsumen sebanyak 6 polis, kemudian di tahun 2013 merangkak naik menjadi 24 polis, dan kini di tahun 2017 melejit sebanyak 4105 polis.

Kedua, kemudahaan membeli asuransi semudah belanja online. Website RaksaOnline memberi kemudahan bagi kita untuk membeli asuransi tanpa perlu bertatap muka dengan sales asuransi. Tentu saja ini lebih praktis. Cukup duduk di depan laptop, kita bisa memesan asuransi kendaraan sebagaimana layaknya berbelanja online.

Sebagai perusahaan yang memfokuskan penjualannya melalui online, pengalaman saya membuka-buka website RaksaOnline ini, ternyata websitenya bukan hanya user friendly, malah terkesan personal. Ya, pengalaman disajikan lagu yang menenangkan seperti saya sebut diatas bagi saya sih terasa akrab. Ada kesan ingin membangun kedekatan dengan costumernya.

Untuk membeli asuransi mobil di RaksaOnline, ada fitur Simulasi Premi yang bisa memberi gambaran berapa besaran premi yang harus dibayar sesuai jenis kendaraan dan pilihan jenis proteksi, mau Comprehensive (all risk) atau Total Loss Only (Kerugian Total) tentunya besaran preminya akan berbeda. Kalau setuju dengan nilai premi sesuai simulasi, tinggal submit permohonan pengajuan polis dan tunggu dari pihak marketing menghubungi.

Tahapan Pembelian Polis Asuransi di RaksaOnline (Sumber: Dokpri)

Ketiga, Keringanan Pembayaran Premi. Seperti yang saya ceritakan diawal tulisan ini, salah satu hal yang membuat orang malas mengasuransikan mobilnya adalah soal besaran premi yang lumayan mahal di kantong. Kabar baiknya, RaksaOnline memberikan kemudahan berupa cicilan 0% bagi pengguna kartu kredit Bank BCA, BNI, mandiri dan ANZ. Please cek di websitenya pada fitur promo deh, ada keterangan soal cicilan 0% ini. Selain cicilan 0% ada juga diskon 10% dari nilai premi asuransi yang harus dibayar. Lumayan hemat kan?

Tak ada alasan premi asuransi mahal, di RaksaOnline preminya bisa dicicil 0%

Nah, kalau sudah begini sepertinya keresahan saya soal pembayaran premi yang berat terjawab sudah. Dengan promo ini tak ada lagi alasan soal premi yang memberatkan. Tinggal ajukan formnya dan tunggu saja approval dari pihak RaksaOnline.

Keempat, Klaim mudah dan cepat. Oke, soal klaim asuransi juga menjadi pertimbangan mengapa orang malas mengasuransikan kendaraan bermotor mereka. Cerita soal ribetnya ketika mengajukan klaim asuransi juga diceritakan oleh salah satu rekan blogger yang hadir di Kelas Blogger ke-17 ini.

Dalam sesi tanya jawab dengan perwakilan RaksaOnline, Bunda Siti Rabiah menceritakan bagaimana kekesalannya ketika mengajukan klaim perbaikan dari mobilnya yang mengalami kerusakan akibat terserepet truk. “Ribet deh pokoknya, telepon berkali-kali gak direspon, harus melampirkan syarat-syarat administrasi yang banyak, harus disurvey dulu, sudah gitu harus menunggu lama juga,” begitu cerita Ibu Siti soal pengalamannya. “Saya kapok membeli asuransi mobil,” lanjutnya.

Menjawab sikap skeptis Ibu Siti yang dikecewakan oleh layanan asuransi mobil yang diambilnya, Miss Raksa meyakinkan bahwa pengalaman serupa tak akan terulang di RaksaOnline. Katanya RaksaOnline akan merespon klaim yang diajukan secepat mungkin. Termasuk jika misalkan suku cadang kendaraan tak tersedia di bengkel rujukan, RaksaOnline memberi kebebasan costumer untuk mencarinya sendiri untuk kemudian diganti biayanya oleh pihak RaksaOnline.

Soal kemudahan, RaksaOnline menyediakan beragam channel untuk pengajuan klaim, bisa lewat fitur Chat di website raksaonline.com, telepon, dan Whatsapp. Layanan klaim dan costumer care via Telepon dan Whatsapp ini bahkan buka 24 jam. Jadi, kalau terjadi sesuatu pada mobil kita dan mau klaim, tinggal telefon saja dan dipastikan mereka akan merespon secara cepat.

Saya sih tak terlalu yakin dengan penjelasan pihak RaksaOnline. Biasa, yang namanya pedagang ya pasti akan memberikan janji-janji manis. Tapi soal ini, jawaban meyakinkan justru diberikan oleh rekan blogger lainnya, yang ternyata sudah menjadi costumer RaksaOnline.

Iya, rekan blogger lainnya, Kornelius Ginting memberikan testimoni perihal pengalamannya menggunakan RaksaOnline. Suatu waktu mobilnya pernah mengalami kecelakaan yang mengharuskannya mengajukan klaim ke pihak RaksaOnline.

Uniknya bang Kornelius juga terhitung tak percaya begitu saja pada perusahaan asuransi, termasuk pada RaksaOnline yang menjadi penjamin proteksi mobilnya. Untuk membuktikan pelayanan RaksaOnline, ia datang sendiri ke kantor pusat RaksaOnline untuk mengajukan klaim. Ia kemudian terkesan dengan pelayanan RaksaOnline.

“Sejak awal klaim, pihak RaksaOnline selalu komunikatif pada saya soal progress pengerjaan perbaikan mobil saya. Mulai dari penentuan bengkel yang dirujuk hingga perkembangan perbaikannya selalu diberitahu pada saya, baik lewat telepon maupun sekedar SMS, “ begitu kesan Kornelius tentang layanan RaksaOnline.

Kornelius Ginting, rekan blogger yang menjadi costumer loyal RaksaOnline (Sumber: Dokpri)

Kelima, RaksaOnline memiliki 8 layanan terbaik. Kedelapan layanan ini terdiri dari Raksa Gold Club, Raksa Silver Club, Raksa Mobile Club, hotline service 24 jam, pilihan bengkel rekanan yang banyak, layanan derek, Raksa Emergency Quick Service, dan kemudahan klaim dimanapun berada.

8 layanan terbaik dari RaksaOnline

Dari 8 layanan tersebut, ada beberapa layanan yang terbilang istimewa dan tak ditemui di perusahaan asuransi mobil lainnya. Sebut saja, Raksa Gold Club. Layanan ini diberikan untuk costumer dengan nilai pertanggungan diatas USD 70.000. Ada banyak fasilitas yang diberikan untuk mereka yang ada di club ini, seperti spa, pijat refreksi, meicure-pedicure, valet parking dan priority authorized workshop.

Salah satu sudut ruang fasilitas Raksa Gold Club (Sumber: dokpri)

Saya sempat berkeliling dfasilitas Raksa Gold Club ini. Ruangannya benar-benar mewah dan nyaman. Ada banyak sofa besar dan empuk diruangan ini, ada ruang-ruang untuk perawatan tubuh, bahkan di sekitar ruangan dipasang lilin aromaterapi yang memberi kesan rileks. Katanya tujuan dari layanan ini untuk menenangkan costumer dan melupakan sejenak soal mobilnya yang mengalami kerusakan.

Sementara itu, Raksa Silver Club dipersembakan untuk mereka yang memiliki nilai pertanggungan dibawah USD 70.000. sebenarnya layanan tak beda jauh dengan gold club,  hanya saja tanpa ada fasilitas perawatan tubuh. Namun bisa dipastikan ruangannya sendiri sama-sama nyaman. Pihak RaksaOnline sendiri memberi istilah pelayanan klaim “MUCAK” (Mudah, Cepat, AKrab) bagi para member Raksa Silver Club ini. Saya sempat melihat sendiri suasana pelayanan di ruang Raksa Silver Club ini. Benar-benar nyaman.

Fasilitas Pelayanan Costumer Raksa Silver Club (Sumber: dokpri)

Ada lagi Raksa Mobile Club. Ini serupa layanan mobile office berbentuk microbus yang dimaksudkan untuk menjangkau costumer yang berada jauh dari kantor pusat RaksaOnline. Kehadirannya memberi kemudahan bagi costumer dalam melakukan klaim.

Nah, dengan beragam keunggulan seperti saya list diatas, tak heran jika RaksaOnline mendapat predikat asuransi terbaik versi Infobank dan Warta Ekonomi. Bagi saya ini serupa jaminan kalau layanan RaksaOnline memang yang terbaik dalam hal asuransi mobil. Jadi, kalau anda mau memberikan proteksi terbaik bagi mobil anda, beli saja asuransi mobil dari RaksaOnline. Yuk!

 

 

 

 

Ofi Gumelar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *