Jangan Terkecoh, Ini Bukan Taman Bermain

Tebak, ini bangunan apa sih?

Apa yang kamu pikirkan ketika melihat bangunan pada foto diatas? saya coba tebak jawaban kamu ya. Arena Bermain seperti Dufan? Museum? Galeri Seni?

Ini versi malam harinya, tebak bangunan apa ini?

Salah. Ini adalah bangunan incinerator sampah. Iya, serius. Ini adalah bangunan Maishima Power Plant, atau pembangkit listrik tenaga sampah yang berada di Osaka, Jepang.

Tempat ini sejatinya memang bukan destinasi wisata. Tapi karena desainnya yang bergaya unik ini, pemerintah Jepang kemudian memasukkan instalasi ini sebagai bagian dari tempat wisata yang layak dikunjungi wisatawan.

Saya sendiri berkesempatan mengunjungi Maishima Incineration Plant ini pada tahun 2008. Buset, lama banget ya? Kenapa baru ditulis sekarang pengalamannya? Yeahhh, dulu kan aku belum ngeblog kaka ….

Ceritanya sih Training program, aslinya jalan-jalan

Jangan salah, saya datang ke tempat ini bukan untuk wisata, melainkan untuk belajar soal teknik pengendalian pencemaran udara. Oke, judulnya sih training, tapi ininya mah jalan-jalan ya …. Lha kalau nggak gituh gimana bisa jalan-jalan gratis dong? Ke luar negeri lagi, hehehe.

Caption nyusul ….

Saya sendiri sempat kecele ketika diajak ke tempat ini, kirain mau diajak jalan-jalan. Tapi benar nih, Jepang itu selain inovatif, juga kreatif dalam mengemas apa pun yang mereka punya. Contohnya ya fasilitas pengolahan sampah sekaligus pembangkit listrik ini. Sebuah fasilitas pengolahan sampah yang identik dengan kotor dan jorok kemudian mereka ubah menjadi sesuatu yang menarik mata?

Saya coba memanggil ingatan lagi,… pada bagian dalam instalasi ini pun kesan dunia fantasi begitu kental terasa. Ada banyak sarana edukasi yang dibikin menyenangkan tanpa bikin kening berkerut.  Saya pikir kalau bawa anak kecil untuk belajar pengelolaan sampah di sini bakalan senang tuh anak-anak.

Ngomong-ngomong, saat saya kuliah di Miyazaki tahun 2014 lalu, saya juga sempat mengunjungi instalasi pengolahan sampah di kota tersebut. Fasilitasnya memang tak dibuat sebagus Maishima, tapi kesan bersih, nyaman dan edukatif tetap ada di sana. Di Miyazaki malah disediakan galeri yang menjual berbagai barang hasil pengolahan sampah. Ada juga galeri yang menjual barang bekas yang masih layak pakai, hasil sortir barang buangan dari plastik sampah yang dibuang warga.

Keren ya?

Ini dummies lho, hasil olahan barang-barang tak terpakai di Miyazaki Incineration Plant
Galeri barang-barang hasil olahan Miyazaki Incineration Plant
Landfill sampah di Miyazaki Incineration Plant, jangan bandingkan dengan Bantar Gebang atau Leuwi Gajah yaa ….

Please, jangan bandingkan dengan fasilitas pengolahan sampah yang ada di kita ya. Jauh banget. Di Indonesia, sampah selalu menjadi polemik yang tak berhenti dibahas. Di sana sampah sudah jadi komoditas yang bisa diolah menjadi sesuatu yang penting, listrik.

Kita mungkin perlu belajar banyak dari mereka. Sayangnya, terkadang kita suka adu mulut terlebih dahulu yang seringkali tak menyentuh esensi masalah.

Eh, gue kok  jadi emosi gini ya?

 

Ofi Gumelar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *