Ngutang Tulisan Itu Berat, … Kamu Gak Akan Kuat! Biar Aku Saja

Sumber gambar: pixabay.com

Sebagai penulis amatiran yang ingin terus mengasah skill menulis, saya bersemangat aktif di beberapa komunitas menulis. Terakhir, saya coba ikutan komunitas menulis One Day One Post (ODOP) atas ajakan teman kuliah yang sudah lebih dahulu nyemplung dan lulus dari komunitas ini dengan hasil “Cum Laude”.

Kalau kamu ikutan di Komunitas ini, salah satu tuntutannya adalah aktif menulis di blog setiap hari. Iya, setiap hari. Ya iyalah, namanya juga One Day One Post, kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia kan artinya “Satu Hari Satu Tulisan.” Mungkin karena menyadari menulis setiap hari itu susah, rule komunitas ini setiap peserta diberi toleransi boleh ngutang tulisan sebanyak 3 kali, lebih dari itu bakalan dikick. Sadis ya ….

Saat ini, ketika tulisan ini ditulis, saya sedang mengikuti ODOP batch 5. Ini adalah minggu ketiga yang sudah saya lalui. Sekedar mereview perjalanan dua minggu ke belakang, di minggu pertama saya pernah ngutang 1 tulisan, namun itu pun karena saya habis kuota sehingga tak bisa upload di blog. Artinya, secara offline saya sudah punya stok tulisan. Sementara, minggu kedua saya melewatinya dengan clean sheet, tak ada bolong sehari pun.

Godaan mulai terasa di minggu ini, minggu ketiga ODOP. Ini adalah hari kamis, dan saya belum update tulisan untuk hari selasa dan rabu. Artinya saya punya hutang dua tulisan. Jika ditotal dengan kewajiban hari ini, saya harus membuat tiga tulisan.

Kalau mau curcol mungkin saya bakalan bilang ala-ala Dilan begini, ngutang tulisan itu berat, kamu gak bakal sanggup. Biar Aku saja!

Kok bisa sih dua minggu awal saya bisa menulis konsisten setiap hari, sementara memasuki minggu ketiga, saya mulai ketereran?

Kesibukan kantor yang mulai tinggi membuat saya kehabisan energi buat menulis. Alasan klise sebenarnya, tapi kenyataannya seperti itu. Harus diakui bahwa ketika otak kita sudah fokus pada satu hal, rasanya akan berat buat membagi konsentrasinya pada hal lain. Begitu mungkin yang sedang saya rasakan. Dua hari terakhir beban kerja memang sedang menumpuk, sementara ODOP pun harus dipupuk. Saya hanya sempat memikirkan sekelebat soal menulis untuk ODOP, tapi saat akan merealisasikannya, saya tak mampu. Nyampe rumah malam, dan saya langsung gubrag tidur di Kasur empuk yang menggoda.

Alasan saja!!!

So, kalau ada teman-teman ODOP batch 5 yang kebetulan blogwalking dan membaca tulisan ini, saya titip pesan biar terus semangat menulis dan please, jangan ngutang tulisan deh kalau bisa mah. Iya, ini berat say, …

(dan gue masih kudu bikin dua tulisan lagi buat bebas hutang sampai hari ini …)

 

Ofi Gumelar

2 thoughts on “Ngutang Tulisan Itu Berat, … Kamu Gak Akan Kuat! Biar Aku Saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *