Raksa Online: Asuransi Mobil Yang Gak Pake Ribet

“Saya memilih Raksa Online karena simpel, kalau mau klaim cukup kirim whatsapp dan mereka akan datang untuk survey, mereka kemudian akan merekomendasikan bengkel dan janjian mau ke bengkelnya kapan,…selebihnya mereka yang mengurus semuanya” – King, Costumer Raksa Online
Apa yang diharapkan dari sebuah perusahaan jasa atau layanan? Tentu saja kemudahan, respon cepat dan jaminan pelayanan yang prima. Termasuk dalam hal layanan asuransi, konsumen pastinya mengharapkan layanan yang prima, terutama dalam hal respon terhadap klaim mereka. Sudah banyak cerita bagaimana konsumen asuransi yang kecewa saat mengajukan klaim mereka, entah itu soal proses yang bertele-tele, waktu yang lama atau kadang direpotkan oleh persyaratan administrasi yang ribet.

Kondisi ini rupanya disadari betul oleh perusahaan Asuransi Raksa, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi mobil. Perusahaan asuransi yang berdiri sejak 1975 ini dan kemudian merambah platform online sejak 2012 ini termasuk salah satu perusahaan yang fokus menerapkan kepuasan konsumen sebagai salah satu keunggulan mereka dibanding perusahaan asuransi sejenis.
Apa yang diungkap Pak King diatas, mungkin bisa menjadi bukti bagaimana konsumen dipuaskan oleh layanan mereka. Jika pun masih kurang, saya menyaksikan sendiri bagaimana perusahaan ini menyediakan beragam fasilitas untuk memanjakan konsumennya, terutama dalam hal proses klaim asuransi mereka.
Ya, hari ini saya bersama 40 blogger lain yang mengikuti acara Kelas Blogger diajak mengenal lebih jauh fasilitas yang dimiliki Asuransi Raksa dalam melayani konsumennya. Dari sinilah saya bisa mengetahui kalau mereka memang serius dalam melayani konsumennya.
Setidaknya ada beberapa hal yang membuat saya percaya kalau Asuransi Raksa memang serius dalam melayani nasabahnya.
Pertama, menyediakan layanan situs RaksaOnline sebagai salah satu channel bagi nasabah untuk mengajukan asuransi kendaraan bisa dilihat sebagai bentuk pelayanan bagi mereka yang tak ingin ribet dalam mengajukan pembuatan polis asuransi. Iya, hari gini orang sudah males jika harus datang langsung ke kantor asuransi, ketemu seles kemudian janjian mengisi form secara manual. Melalui RaksaOnline calon nasabah bisa mengajukan permohonan asuransi kendaraan dalam hitungan menit. Prosesnya pun bisa semudah layaknya belanja online.
RaksaOnline memiliki fitur simulasi premi yang bisa diisi oleh calon nasabah tentang data-data kendaraan mereka beserta jenis jaminan asuransi yang diinginkan mereka. Nasabah bisa memilih jenis asuransi kendaraan berupa Comprehensive atau Total Lost. Cukup memasukkan data inti berupa harga mobil beserta tahun pembuatan, nantinya akan keluar jumlah premi pertanggungan. Kalau perlu tambahan jenis coverage asuransinya, tinggal pilih saja. Jika setuju dengan total premi di simulasi tersebut, langkah berikutnya tinggal isi lengkap data pribadi, kemudian akan keluar ringkasan premi dan jika setuju tinggal di submit. Berikutnya tinggal tunggu saja dihubungi oleh marketingnya tak lebih dari 24 jam. Simpel.

Kedua, RaksaOnline menyediakan fasilitas chat secara personal dengan admin. Soal ini rasanya terbilang istimewa, karena pengalaman sendiri ketika menggunakan fasilitas chat dalam situs-situs tertentu biasanya dijawab otomatis oleh sistem/robot. Pernah gak sih ketika kita bertanya satu hal, kita malah ditanya balik dengan sederet pertanyaan yang justru malah bikin kita bete? RaksaOnline menjamin chat kita akan dijawab secara langsung oleh admin langsung, sehingga bisa lebih straight to the point. Bagi saya sih ini terasa lebih personal. Soal pengajuan klaim, selain via chat online di situs RaksaOnline.com, pilihan lainnya bisa menghubungi via hotline service atau no whatsapp seperti pak King diatas.
Ketiga, RaksaOnline menyediakan 8 jenis pelayanan bagi nasabahnya. Sebut saja, diantaranya Raksa Gold Clob, Raksa Silver Club, Raksa Mobile Club, Raksa Energency Quick Service, 24 Jam Hotline Service, pelayanan derek, beragam bengkel rekanan, dan kemudahan klaim dimanapun berada. Oke, layanan bengkel, hotline service, atau derek mungkin sudah umum bagi semua layanan asuransi kendaraan, tapi soal layanan Raksa Gold Club dan Raksa Silver Club rasanya tak semua perusahaan asuransi menyediakan layanan sejenis.

Raksa Gold Club? Silver Club? Apa pula ini? wah, ini ternyata layanan lebih yang diberikan kepada konsumen berupa fasilitas-fasilitas layanan yang ‘jauh’ dari kesan urusan mobil. Sebut saja, bagi member gold club bisa mendapat layanan personal asisten, refleksi, manicure dan padycure, serta layanan ruang tunggu yang mewah. Fasilitas-fasilitas ini saya lihat sendiri di kantor RaksaOnline. Saya bahkan sampai heran, ini teh kantor asuransi atau salon perawatan sih?

Kenapa pula pihak RaksaOnline harus repot-repot menyediakan fasilitas ini? ternyata ini berhubungan dengan soal psikologis konsumen. Anggaplah konsumen tegang, kalut dan galau gegara mobil mereka bermasalah saat mengajukan klaim. Ketika kemudian mereka memproses klaim perbaikan, setidaknya mereka bisa lebih ditenangkan dengan layanan fasilitas-fasilitas ini. Bukankah ini tanda mereka peduli pada nasabahnya?

Oh ya, satu lagi layanan yang bisa dibilang kelebihan RaksaOnline adalah Raksa Mobile Club. Ini semacam layanan jemput bola dari asuransi raksa untuk memudahkan konsumen mengajukan klaim lebih dekat ke tempat mereka. Saat ini ada 3 unit Mobile Club yang tersebar di 3 lokasi, Kelapa Gading, Meruya dan Cibubur yang siap melayani konsumennya pada hari kerja. Konsumen tinggal datang saja ke lokasi mobile unit tersebut dan mengajukan klaim mereka. simpel kan?

Keempat, Asuransi Raksa memberi update informasi progress report dari perbaikan mobil konsumen. Soal ini dikemukakan oleh salah seorang teman blogger, Kornelius Ginting, yang rupanya konsumen asuransi raksaonline ini. Kepada kami beliau bercerita bagaimana proses klaim mobil yang diajukannya. Katanya, sejak masuk bengkel, pihak RaksaOnline selalu menginformasikan sudah sampai tahap mana proses perbaikan mobilnya.
Bagi saya ini merupakan jaminan kepastian yang diberikan layanan perusahaan asuransi ini terhadap konsumennya. Pengalaman aja sih ini mah, dipastikan ketika mobil kita diserahkan ke bengkel, pastilah kita galau bertanya-tanya sudah sejauh mana progresnya dan kapan akan selesainya. Bukankah dengan adanya informasi ini malah bisa menenangkan konsumen? Sederhana tapi bisa lebih menenangkan.
Dengan beragam kelebihan tersebut diatas, saya yakin ke depan RaksaOnline akan menjadi pilihan utama masyarakat dalam memilih asuransi kendaraan. Setidaknya saya gak asal ngomong. Fakta peningkatan jumlah konsumen mereka bisa menjadi fakta yang meyakinkan. Sekedar menyebut data, pada tahun awal diluncurkannya RaksaOnline pada tahun 2012, RaksaOnline hanya memiliki konsumen sebanyak 6 polis, kemudian di tahun 2013 merangkak naik menjadi 24 polis, dan kini di tahun 2017 melejit sebanyak 4105 polis. Peningkatan yang signifikan bukan? Ini adalah bukti kepercayaan masyarakat terhadap RaksaOnline.
Cari asuransi untuk kendaraan anda? kalau saya sih tinggal ke RaksaOnline aja…