Sedikit Tentang Demo Buruh…

Ada yang menarik perhatian saya saat berseluncur mengamati postingan status teman-teman di pesbuk hari ini. Banyak teman-teman yang tinggal di Purwakarta, mengeluhkan aksi demo buruh yang berlangsung hampir tiap hari. Ada yang jadi males keluar, ada yang mengeluhkan terjebak macet saat pergi kerja, ada yang mengamati motor-motor mahal yang dipake para buruh berdemo (kok bisa yaa yang katanya gajinya kecil bisa kebeli / kreditt barang mewah gituh???) dan sebagainya.

Satu hal yang saya amati adalah betapa aksi buruh ini sudah menyentuh level menjengkelkan. Maaf, bukan saya tidak simpatik pada aksi perjuangan mereka, namun realita yang ada aksi mereka cukup dirasa mengganggu masyarakat.  Saya setuju bahwa mereka sedang berjuang meningkatkan taraf hidup mereka, menuntut upah yang lebih tinggi, meskipun saya tidak tahu apakah standar yang mereka tuntut kegedean atau tidak. Namun, tolonglah jangan sampai aksinya meresahkan orang lain.

Tidak bisakah demo nya tidak dengan melakukan iring-iringan yang sangat-sangat panjang dan memenuhi seluruh badan jalan? bisa tidak yaa demo nya tidak perlu sambil menutup jalan utama? 

Kadang saya suka berpikir juga, kalo banyak orang yang jengkel,..terus nyumpahin segala macam,..terus pada ngomel-ngomel…bukankah itu juga semacam do’a ya buat mereka? tentu do’a yang  ‘tidak begitu baik’ buat mereka bukan?,..

Semoga saja ada ‘revolusi’ untuk gerakan aksi demo yang lebih santun lagi,..yang menghormati hak-hak orang lain yang sedikit terganggu oleh aksi mereka.

Salam,

OSG

Ofi Gumelar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *