Sering Kehabisan Ide Menulis? Blogwalking Saja

Kamu blogger, tapi tering merasa mentok kehabisan ide? Tenang saja, kamu gak sendiri. Saya juga termasuk tipe blogger yang seringkali dihinggapi penyakit kehabisan ide. Itu pula mengapa blog nuofi.id ini minim tulisan yang diposting tiap bulannya. Hehehe… alesan!

Sejak hari senin kemarin, 22 Januari 2018, saya mulai menjalankan kegiatan ODOP (One Day One Post) bareng komunitas dengan nama yang sama. Komunitas ODOP ini menuntut kita untuk menulis satu artikel setiap hari. Iya, setiap hari.

Emang bisa? Saya gak tahu, toh ini baru hari ketiga. Dua hari mekarin saya sukses menulis, tapi entah besok lusa,… apa saya kuat bertahan? Masalahnya sih klise, saya seringkali kepentok ide.

Tapi, rasanya saya mendapatkan salah satu cara untuk menjaring ide menulis tersebut. Ini saya temukan secara tak sadar sih, toh baru saya sadari sekarang. Cara ini justru didapat dari salah satu kegiatan bareng komunitas ODOP tersebut. Apa itu?

Komunitas ODOP ini selain mensyaratkan menulis setiap hari, anggotanya juga diwajibkan untuk melakukan blogwalking ke sesama anggota ODOP. Setiap harinya kita harus membaca 3 artikel di blog teman, kemudian memberi komentar dan sekalian follow blog mereka.

Nah, kewajiban ini membuat saya ‘terpaksa’ menyimak artikel-artikel teman satu komunitas ODOP. Secara tidak langsung justru ini membuka bank ide di otak saya. Yap, dengan blogwalking ke blognya teman, kita bisa membaca tulisan teman kita. Dari kegiatan membaca tulisan teman tersebut, saya biasanya bisa menemukan ide menulis berdasarkan tulisan teman tersebut.

Bentuk ide menulis yang dihasilkan sih bisa macam-macam, bisa saja ide untuk mengkritisi tema yang ditulis teman blogger tersebut, atau sekedar menulis dengan ide yang sama tapi menggunakan pendekatan yang berbeda. Kalau sudah begini, ya tinggal catat saja dan kemudian mengeksekusinya menjadi sebuah tulisan. Bahkan tulisan ini pun didapatkan dari hasil merenungkan apa sih sebenarnya tujuan dari blogwalking tersebut. Salah satunya ya untuk mendapatkan ide menulis tersebut. Ini sih kata saya yaa,… aslinya mah coba tanya saja ke admin ODOP.

Blogwalking hanyalah salah satu cara saja bagaimana menemukan ide menulis, tentu saja ada banyak cara menjaring ide menulis tersebut. Soal cara lainnya, saya sudah pernah melakukan riset tersendiri, mencari pendapat para blogger senior mengapa mereka bisa sedemikian aktif menulis, apa sih rahasianya? Kalau kamu tertarik untuk membacanya, klik saja DISINI.

Nah, kalau kamu gak punya ide menulis, coba saja blogwalking. Minimal mampir di tiga blog teman, dan coba temukan ide menulis diantara tulisan-tulisan blogger yang kita baca.

Yuk nulis!

 

 

 

 

 

Ofi Gumelar

2 thoughts on “Sering Kehabisan Ide Menulis? Blogwalking Saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *